UNEJ Siap Sambut 7,630 Mahasiswa Baru 2024 dalam PKKMB

Jember, 16 Agustus 2024

Universitas Jember siap menyambut para mahasiswa baru dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Hal ini disampaikan oleh Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember dalam rapat koordinasi pimpinan pada Harmoni Pagi di Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Jumat (16/08/2024).

“Awal pekan depan kita akan bersama-sama menyambut mahasiswa baru pada Upacara Pelantikan Mahasiswa Baru Senin, 19 Agustus 2024. Sejumlah 7,630 orang mahasiswa baru akan secara resmi kita lantik menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Jember,” ujar Rektor.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan PKKMB untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fendi Setyawan menyampaikan, “Mahasiswa baru akan menjalani PKKMB sejak 19 Agustus 2024 sampai dengan 24 Agustus 2024. Selama 6 hari mahasiswa akan dibekali dengan segala informasi tentang Universitas Jember mulai dari pengenalan hymne dan mars sampai dengan sosialisasi SISTER For Students untuk mendukung proses pembelajaran. Info lebih lanjut dapat dilihat di laman https://unej.ac.id/pengumuman/.”

Menurut Fendi Setyawan, materi PKKMB yang akan disajikan mengikuti acuan materi yang diarahkan oleh panduan PKKMB Kemdikbudristek 2024 berupa kehidupan berbangsa bernegara, pembinaan kesadaran bela negara, sistem pendidikan tinggi di Indonesia, perguruan tinggi di era digital dan revolusi industri, pengembangan karakter mahasiswa, dan materi muatan lokal perguruan tinggi.

Sebagai penutup, Rektor menghimbau dalam kegiatan PKKMB diharapkan tidak terjadi penyimpangan dan ada upaya penanganan perundungan, pencegahan kekerasan fisik maupun psikis dan pencegahan segala bentuk kekerasan. (dil)

Skip to content