Prodi Agribisnis FAPERTA UNEJ, Persiapkan Penerbitan Jurnal Pengabdian di Tahun 2024

Jember, 20 Agustus 2024
Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember (FAPERTA UNEJ) semakin memperkokoh komitmennya dalam mendukung pengembangan ilmu dan pengabdian kepada masyarakat dengan mempersiapkan penerbitan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di tahun 2024. Persiapan ini dimulai dengan diselenggarakannya Workshop Penerbitan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Aula FAPERTA UNEJ (20/08/2024).

Acara ini secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember, Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P. Dalam pidatonya, ia menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Prodi Agribisnis untuk menerbitkan jurnal pengabdian ini. Ia berharap jurnal ini nantinya dapat menjadi wadah bagi seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian UNEJ untuk berbagi ilmu dan inovasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

“Ini adalah langkah awal yang sangat positif dan saya harap dapat menjadi inspirasi bagi program studi lain di lingkungan Universitas Jember,” ujarnya.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember, Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P. kala memberikan sambutannya

Ia pun berharap workshop ini dapat menjadi momentum penting bagi Prodi Agribisnis FAPERTA UNEJ dalam mewujudkan penerbitan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat di tahun 2024, yang tidak hanya bermanfaat bagi akademisi, tetapi juga bagi masyarakat luas yang menjadi sasaran pengabdian.

Sementara itu, Agus Supriono, S.P., M.Si., Koordinator Program Studi S1 Agribisnis FAPERTA UNEJ. Dalam sambutannya menekankan, pentingnya penerbitan jurnal sebagai sarana untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan hasil-hasil pengabdian yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, serta menjadi salah satu indikator kinerja dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, banyaknya kegiatan kompetisi nasional dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi dosen pembimbing dan mahasiswa yang mewajibkan memiliki luaran berupa publikasi, maka perlunya kemudahan desiminasi melalui publikasi artikel, baik pada jurnal penelitian atau pun jurnal PkM.

“Penerbitan jurnal ini tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan kontribusi kita kepada masyarakat, tetapi juga untuk meningkatkan akreditasi dan reputasi Prodi Agribisnis di tingkat nasional,” ungkapnya.

Agus Supriono, S.P., M.Si., Koordinator Program Studi S1 Agribisnis FAPERTA UNEJ.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini menghadirkan 4 narasumber yang ahli di bidangnya. Narasumber pertama, Abdul Jalil, S.P., M.P., Ketua Pusat Studi Publikasi Ilmiah (PSPI) dari Universitas Muhammadiyah Jember yang menyampaikan materi tentang persiapan pembentukan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam sesi ini ia menjelaskan, tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mempersiapkan penerbitan jurnal, mulai dari penetapan dewan redaksi hingga persiapan naskah pertama.

Pemateri kedua disampaikan oleh, Muhammad Yunus, S.Kom., M.Kom., Direktur LPK Pengelolaan Jurnal Ilmiah, memberikan paparan mengenai pengelolaan jurnal pengabdian kepada masyarakat. Ia menguraikan teknik-teknik pengelolaan jurnal yang efektif dan efisien, serta pentingnya memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan jurnal agar dapat diakses secara luas.

Selanjutnya pemateri ke tiga disampaikan oleh, Dr. Ihsannudin, S.P., M.P., Chief in Editor Environmental Pollution Journal Ecoton Foundation, Serta pemateri keempat disampaikan oleh Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pd. Pemgelola Rumah Jurnal UNEJ. (is)

Skip to content