15 Mahasiswa Fakultas Teknik UNEJ Kenalkan 6 Produk Inovatif di Desa Kemuning Lor Jember

Jember, 22 Agustus 2024
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, 15 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember (UNEJ) yang tergabung dalam Tim Peningkatan Kapasitas (PPK) Ormawa, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) meluncurkan enam produk inovatif ramah lingkungan di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Acara ini bertajuk Grand Launching Smart-RUDI (Rumah Peduli Iklim) dan berlangsung di Balai Desa Kemuning Lor (22/08/2024).

Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, yang membuka acara, memberikan apresiasi atas kreativitas dan kepedulian para mahasiswa dalam mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah. “Kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa UNEJ tidak hanya peduli terhadap pendidikan, tetapi juga lingkungan sekitar. Inovasi-inovasi yang mereka ciptakan dapat menjadi solusi bagi masalah lingkungan yang ada di masyarakat,” ujar Dr. Fendi dalam sambutannya.

Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, secara simbolis membuka acara Grand Launching Smart-RUDI (Rumah Peduli Iklim) dan berlangsung di Balai Desa Kemuning Lor (22/08/2024).

Lalu ia menambahkan, kala diwawancarai awak media, menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kreatifitas para mahasiswa (Tim Peningkatan Kapasitas (PPK) Ormawa, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Universitas Jember) dalam bentuk kepedulian akan lingkungan, dimana pengelolaan sampah yang terkesan mengotori lingkungan.

“Dengan hadirnya produk-produk inovasi ini bisa menjadi alternatif masyarakat dalam upaya mengendalikan dan mengelola sampah rumah tangga dengan baik, sehingga menjadi contoh masyarakat yang baik untuk masyarakat atau desa lainya, inovasi ini bisa dikatakan prototype yang mudah dikembangkan oleh masyarakat,”imbuhnya.

Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, kala melihat produk inovasi mahasiswa di kemuning lor

Di tempat terpisah, Ir. Audiananti Meganandi Kartini, S.Si., M.T., Dosen pendamping kegiatan ini, menyatakan, proyek ini tidak hanya mendukung pelestarian lingkungan, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan limbah yang benar. “Dengan adanya Smart-RUDI dan produk inovatif lainnya, kami berharap masyarakat dapat lebih sadar dan aktif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, dalam wawancara dengan awak media, Rahmat Taruna, Ketua Tim Peningkatan Kapasitas (PPK) Ormawa HMTL UNEJ, menjelaskan bahwa produk-produk yang diluncurkan berfokus pada pengelolaan limbah organik dan energi terbarukan. “Kami menciptakan produk-produk ini untuk membantu masyarakat Desa Kemuning Lor dalam mengelola limbah dengan cara yang lebih efisien dan ramah lingkungan,” ungkapnya.

Berikut adalah enam produk inovatif yang diperkenalkan dalam kegiatan Grand Launching :

Pupuk Kompos: Pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan organik limbah rumah tangga, sangat efektif dalam meningkatkan kesuburan tanah.
Pupuk Cair: Pupuk cair yang mudah diserap oleh tanaman, terbuat dari limbah organik cair dengan formulasi khusus.
Maggot Kering: Produk magot yang telah dikeringkan, kaya akan protein dan dapat digunakan sebagai pakan ternak alternatif.
Briket Kotoran Sapi: Briket energi yang terbuat dari kotoran sapi yang telah diolah menjadi sumber energi ramah lingkungan.
Eco Enzyme : Produk enzim alami yang dibuat dari fermentasi limbah organik, digunakan sebagai pembersih alami dan pengurai limbah.
Smart-RUDI: Tempat/Pusat pengelolaan limbah berbasis digital yang dapat membantu masyarakat dalam mengolah limbah secara efektif dan efisien.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, perwakilan masyarakat, serta para dosen dan mahasiswa Universitas Jember. Kegiatan diikuti dengan sangat meriah oleh tamu undangan yang hadir dan antusias terhadap program inovasi tersebut. Peluncuran produk inovatif ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Desa Kemuning Lor untuk menjadi desa yang lebih hijau dan berkelanjutan serta menjadi contoh salah satu Desa Peduli terhadap perubahan iklim yang terjadi. Selain itu, adanya program ini mampu membantu masyarakat dalam mengurangi limbah yang belum terkelola dengan maksimal. Tim PPK Ormawa HMTL UNEJ bersama masyarakat mewujudkan sebuah desa yang tanggap terhadap mitigasi perubahan iklim.(is)

Skip to content