ARUNA 2024 Universitas Jember Serukan Semua Pihak Junjung Nilai-Nilai Demokrasi

Jember, 24 Agustus 2024
ARUNA Universitas Jember, mahasiswa baru angkatan 2024 menyerukan semua pihak untuk menjunjung nilai-nilai demokrasi. Seruan ini diwujudkan melalui koreografi paper mob yang dilakukan oleh 6 ribu mahasiswa di stadion Universitas Jember (24/8). Koreografi tulisan seperti “Junjung Nilai Demokrasi, Kampus Pancasila, Hidup Mahasiswa hingga gambar peta Indonesia menjadi representasi suara gen Z yang cinta dan peduli akan kondisi terkini bangsanya yang terkini.

Kreativitas mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2024 ini mendapatkan apresiasi dari seluruh yang hadir di stadion Universitas Jember dalam rangka penutupan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Salah satunya datang dari Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Fendi Setyawan. Menurutnya koreografi tadi menunjukkan gen Z pun memiliki kepekaan terhadap permasalahan bangsa saat ini.

“Satu kata, keren ! Suara anak-anak gen Z ini harus kita kawal agar menjadi pesan yang menyebar ke seantero Indonesia. Sikap mereka ini menjadi perwujudan dari tagline PKKMB 2024 Universitas Jember, Generasi Hebat Beraksi Tepat !” Begitu penjelasan Fendi Setyawan.

Harapan senada juga disampaikan oleh Rektor Universitas Jember kala menutup secara resmi kegiatan PKKMB 2024. Iwan Taruna berpesan agar semua mahasiswa baru Universitas Jember segera beradaptasi dengan lingkungan kampus. Rajin belajar dan aktif mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan yang akan mengasuh kepekaan mereka terhadap permasalahan bangsa.

“Jadilah ARUNA yang bermakna cahaya matahari, kalian sebagai mahasiswa menjadi cahaya yang dapat menerangi masa depan bangsa dengan kehangatannya, dan menjadi pioner dalam segala bentuk inovasi dan kreasi yang meninggikan bendera Indonesia,” tutur Iwan Taruna.

Sementara itu ditemui seusai penampilan paper mob, Koordinator Tim 45 PKKMB Universitas Jember 2024 yang mengorkestrasi kegiatan, Mahdi Aqil Ali menjelaskan ide koreografi berawal dari diskusi dalam tim yang ingin menampilkan koreografi kekinian yang tidak hanya kreatif tapi memiliki pesan mendalam. Seperti pesan anti bullying, kesehatan mental dan tentu sikap mahasiswa akan kondisi bangsa. Selain koreografi berbentuk tulisan, ada juga koreografi berupa patung triumvirat, kantor pusat hingga foto Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember. Total ada 32 koreografi yang ditampilkan oleh mahasiswa baru.

“Alhamdulillah bisa berjalan lancar, padahal latihannya praktis hanya dua hari saja. Yang ribet dan memakan waktu adalah proses mempersiapkan desain dari mengubah foto ke pixel hingga mencoding agar mengetahui kebutuhan jumlah kertas berwarna dan jumlah mahasiswa yang terlibat,” jelas Aqil, mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Ilmu Komputer asal Ponorogo ini.

Rangkaian kegiatan PKKMB 2024 Universitas Jember ditutup dengan jalan sehat mengelilingi kampus Tegalboto, unjuk penampilan mahasiswa baru dari setiap fakultas dan kampus satelit hingga pembagian doorprize. Tampil pula The Tendos, band yang beranggotakan para dosen dan tenaga kependidikan termasuk Rektor, Iwan Taruna yang memainkan bass. Acara makin semarak dengan penampilan band lokal SISI KITAA dan band dari Jakarta, UTOPIA.

Sebagai tambahan informasi, tahun 2024 ini Universitas Jember menerima 7.630 mahasiswa baru. Terdiri dari 2.236 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNBP, 4.401 mahasiswa baru dari jalur SNBT, 2.109 mahasiswa dari jalur SEMMABA, 408 mahasiswa dari jalur Pascasarjana, 24 mahasiswa dari program afirmasi pendidikan tinggi putra-putri asli Papua dan daerah 3T, 6 mahasiswa dari seleksi mahasiswa asing. (iim)

Skip to content