UKM Karate UNEJ Raih 2 Medali di Ajang Mageti International Karate Championship 2024

Jember, 27 Agustus 2024

Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Jember University Karate Club (UKMO-JUKC) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Mageti International Karate Championship 2024 yang berlangsung di Magetan. Kejuaraan ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, dan Dispora Magetan.

Kejuaraan internasional ini diikuti oleh 45 kontingen dengan total 1.218 atlet dari berbagai daerah di Indonesia, serta mancanegara seperti Malaysia dan Filipina yang bertujuan untuk meningkatkan potensi atlet daerah sekaligus memberikan kesempatan kepada para atlet lokal dan internasional untuk memperkaya pengalaman di bidang karate.

Markus Hasibuan ketika ditemui di Kampus Tegalboto Senin (26/08/2024), ia sebagai salah satu anggota UKMO-JUKC sekaligus pemegang divisi kepelatihan merasa senang karena ia dan timnya berhasil membawa pulang dua kategori juara sekaligus, yaitu Juara 3 Kumite Senior – 55kg Putra dan Juara 3 Kumite Senior beregu Putra.

Menurutnya latihan dan kerja keras yang dilakukannya selama kurang lebih satu bulan untuk kejuaraan ini membuahkan hasil yang baik meskipun dalam prosesnya melewati beberapa kesulitan.

Markus Hasibuan saat menerima penghargaan juara 3 di ajang Mageti International Karate Championship 2024

“Untuk kejuaraan ini kami berlatih rutin H-1 bulan sebelum kegiatan, yang terdiri dari latihan fisik dan teknik, satu minggu full latihan fisik minggu selanjutnya latihan teknik dan seterusnya,” ungkap Markus.

Namun, persiapan tersebut tidaklah mudah. Ia mengungkapkan bahwa tantangan terbesar adalah menjaga konsistensi dalam latihan, termasuk manajemen diri dan penguasaan diri.
“Kadang kami kurang mengingat tanggung jawab sehingga malas dan beberapa alasan untuk tidak berlatih, tapi puji tuhan masih bisa semangat mengingat tanggung jawab yang besar untuk universitas,” tambahnya.

Markus juga menekankan pentingnya mencari refleksi di sela-sela latihan agar tidak stres dan tetap termotivasi, “Jika kita merasa kurang menguasai teknik, itu bisa menjadi beban pikiran dan menyebabkan stres, jadi penting untuk mencari waktu untuk merefleksi diri,” jelasnya.

Tim UKMO-JUKC UNEJ saat mengikuti ajang Mageti International Karate Championship 2024

Ia dan tim berharap semoga UKMO-JUKC kedepannya bisa tetap berprestasi untuk mengharumkan nama kampus serta universitas bisa semakin memfasilitasi kebutuhan atlet di JUKC karena banyak potensi-potensi yang harus dimaksimalkan lagi. (nil)

Skip to content