Menteri BUMN Erick Thohir Tuntut Masyarakat Adapatif dengan Perubahan

JEMBER, 30 Agustus 2024

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Dr. (H.C.) H. Erick Thohir, B.A., menuntut masyarakat Indonesia secapat beradaptasi terhadap perubahan di Era Digital saat ini. Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara seminar nasional yang diselenggarakan Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) di Gedung Soetardjo Universitas Jember (Unej) Jumat, 30 Agustus 2024.
Erick Thohir menjelaskan Indonesia memiliki potensi yang luar basa besar tetapi belum terharap maksimal. Menurut Erick, pemerintahan baru dibawah kepemimpinan Prabowo nanti akan banyak terobosan-terobosan. Salah satunya dalam kebijakan terhadap nikel. “Indonesia penghasil nikel terbesar, selama ini diekspor berupa bahan baku begitu saja,” kata Eric dihadapan sekitar 700 peserta seminar nasional.

Dia menuturkan, nantinya pemerintah akan membuat kebijakan dalam tata kelola nikel. “Ada 17 produk turunan nikel, nanti nikel harus dipropses di Indonesia,” ujarnya. Tidak lagi diekspor berupa bahan baku.
Apalagi, sambungnya, saat ini sudah ada perubahan besar dari mesin ke listrik. “Ke depan harus bergantung listrik. Masyarakat harus proaktif melihat perubahn ini. Sekarang motor berganti dari mesin jadi baterai motor, kita harus siap mengantisipasi perubahan ini. Bengkel-bengkel mesin kedepan harus berubah ke motor listrik,” ungkapnya.
Erick mencontohkan kunjugan turis ke Indonesia yang kalah jauh dengan Malaysia dan Thailand. “Kunjungan turis di Indonesia hanya 11 juta, Thailand sampai 30 juta. Ada yang salah sehingga perlu diperbaiki tetapi tidak perlu menyalah-nyalahkan,’ ujra pria yang juga ketua umum PSSI tersebut.
Dia kembali mencontohkan pengelolaan gula di Indonesia. “Turunan gula luar biasa, salah satunya etanol. Gula kedepan bukan hanya konsumsi tetapi juga mengurangi impor BBM by etanol,” ujarnya.

Ketua Umum KAUJE M. Sarmuji SE MSI mengucakan terima kasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir yang bersedia hadir menjadi pemeteri bersama pemateri lain dari Kementerian Keuangan. “ Munas KAUJE kali ini lebih berkualitas, terima kasih sekali Pak Erick Thohir bersedia hadir menjadi pemateri,” M. Sarmuji SE MSI.
Dia menjelaskan BUMN saat ini memmiliki peran vital dalam pembangunan. “Kontribusi BUMN sangat besar kepada pembangunan,” ujarnya. Sehingga, Menteri BUMN Eric Thohir juga memiliki peran, khususnya melalui kebijakan dan terobosannya dalam mengembangkan BUMN untuk mendukung pembangunan.

“Saya ingin mengingatkan bajhwa ekonomi global tidak baik-baik saja tetapi insyallah pemetintah baru mampu mengtasi. Mudah-mudahan Pak Erick nanti kembali menjadi Menteri,” ujarnya. (*)

Skip to content