Maksimalkan Layanan Untuk Wisudawan, Di Bulan September Nanti Universitas Jember Gelar Tiga kali Wisuda

Jember, 31 Agustus 2024
Bulan September menjadi bulan sibuk bagi pencari kerja, khususnya yang ingin mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Tak heran jika banyak mahasiswa yang memilih segera lulus dan wisuda agar segera bisa mendaftarkan diri. Melihat fenomena ini, maka Universitas Jember berusaha melayani mahasiswa yang sudah resmi lulus dengan sebaik mungkin. Diantaranya dengan menjadwalkan tiga kali wisuda di bulan September nanti. Janji ini disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Jember kala mewisuda 800 wisudawan periode II tahun akademik 2024/2025 di gedung Auditorium (31/08/2024).

“Insyaallah, bulan September akan ada tiga kali wisuda. Yang sudah dipastikan adalah di tanggal 14 September, dan dua wisuda lainnya di akhir bulan. Penyebabnya karena memang daftar antreannya sudah banyak dan ingin segera mencari kerja. Salah satunya mendaftarkan diri di pendaftaran CPNS. Layanan ini kami berikan agar lulusan kita bisa segera mencari kerja,” ujar Iwan Taruna dalam sambutan wisudanya.

Rektor UNEJ menyampaikan sambutan wisuda

Namun rektor yang juga dosen di Fakultas Teknologi Pertanian ini buru-buru mengingatkan anak didiknya agar tidak lantas menjadikan lowongan CPNS sebagai sasaran utama. Pasalnya masih banyak peluang seperti bekerja di sektor swasta atau berwirausaha. Iwan Taruna lantas menyitir penjelasan Menteri Negara BUMN yang kemarin menjadi salah satu pembicara kunci pada seminar yang dilaksanakan oleh pengurus Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE).

“Ada empat bidang usaha yang berpeluang menjadi sumber penghasilan bagi Indonesia, namun belum dimaksimalkan. Yakni bidang hilirisasi Sumber Daya Alam, pengolahan pangan, pariwisata dan industri kreatif serta ekonomi digital. Maka pergunakan ilmu yang sudah Anda raih di kampus memenuhi peluang di empat bidang tadi,” imbuh Iwan Taruna.

Rektor bersama Wakil Rektor I berfoto bersama wisudawan berprestasi

Dalam wisuda periode II tahun akademik 2024/2025 terdapat lima wisudawan jenjang S3, 28 wisudawan jenjang S2, 755 wisudawan S1 dan 12 wisudawan diploma. Tampil sebagai wisudawan berprestasi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di jenjang S3 adalah Dr. Danang Sudarso Widya Prakoso Joyo Widakdo dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan IPK 3,97. Untuk jenjang S2 ada Agus Sugiharto, ST., M.T., dari Fakultas Teknik dengan IPK sempurna alias 4,00. Dilanjutkan di jenjang S1 diraih oleh Wafik Azizah Nur Aini, SP., dengan IPK 3,97 dari Fakultas Pertanian. Sementara di jenjang diploma, prestasi diraih oleh warda Ayu berliana Nafis, A.Md., dari FISIP. (iim)

Skip to content