Rektor UNEJ: Lulusan Universitas Jember Harus Aktif Berkontribusi Mengatasi Permasalahan Bangsa

Jember, 14 September 2024

Rektor, Iwan Taruna, berharap lulusan Universitas Jember aktif berkontribusi mengatasi permasalahan bangsa. Tentunya kontribusi ini sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing. Harapan ini disampaikan olehnya saat memberikan sambutan dalam wisuda periode III tahun akademik 2024/2025 yang digelar hari Sabtu (14/09/2024). Ada 800 lulusan yang diwisuda di gedung Auditorium kampus Tegalboto.

Menurut Iwan Taruna, sebagai anak bangsa yang menikmati pendidikan tinggi, maka sudah sewajarnya jika lulusan Universitas Jember turut membangun Indonesia. Apalagi selama berkuliah telah mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai program studi yang dipilih. Termasuk mendapatkan pendidikan karakter serta beragam softskill melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan. Rektor juga berpesan agar seluruh lulusan terus menjalin hubungan dengan almamater diantaranya dengan aktif memberikan masukan melalui wadah Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) dan mengisi tracer study.

“Pendidikan adalah senjata terkuat untuk melakukan perubahan sosial, maka negara dan bangsa ini menunggu kontribusi segenap lulusan Universitas Jember,” ujar Iwan Taruna mengutip pesan Bung Karno.

Rektor juga berpesan kepada para wisudawan, sebagai wisudawan Universitas Jember harus menjadi lulusan yang berkarakter. Karena telah terbukti sebagai alumni, mahasiswa Universitas Jember mampu bersaing dan berkompetisi secara nasioanal maupun internasinal dengan beberapa kampus lainnya.

“Sebagai lulusan Universitas Jember, wisudawan harus tangguh dan harus berkarakter kebangsaan serta tidak perlu merasa inferior berkompetisi dengan lulusan PTN yang lain. Karena alumni Universitas Jember telah membuktikan bahwa mampu berkompetisi secara nasional maupun Internasional,” jelas Rektor.

Selain itu rektor juga berharap wisudawan untuk menginspirasi Universitas Jember untuk terus berjuang menjadi alumni. Karena nama Universitas Jember telah banyak dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

“Harapan kita supaya menginspirasi para wisudawan. Universitas Jember telah menjadi perhatian, dalam waktu yang tidak lama kemaren ada beberapa tamu penting dari Jakarta yang datang ke Universitas Jember. Kesan mereka sangat luar biasa yang artinya meskipun letak kita berada di ujung timur jawa timur, namun kita sudah tidak berbeda lagi dengan beberapa PTN papan atas di Indonesia,” pungkasnya.

Pada wisuda periode 3 ini terdapat beberapa wisudawan berprestasi diantaranya jenjang doktoral (S3) Khoirul Ifa dari program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,95, dijenjang Magister (S2) El Shinta Mangku Alam dari program studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,97, dijenjang sarjana (S1) Nida’ Al Azkia dari program studi Agribisnis Fakultas Pertanian dengan IPK 4,00, dijenjang Sarjana Terapan (D4) Afgan Satrio Akbar dari program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Elektronika Fakultas Teknik dengan IPK 3,78, dijenjang Diploma (D3) Deviana Safitri dari program studi Diploma Tiga Perpajakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,97. (dil)

Skip to content