Pengelola Laman Unit Kerja di UNEJ Dilatih Gunakan Program Google Site

Jember, 18 September 2024
Universitas Jember (UNEJ) terus berusaha meningkatkan kemampuan Sumber daya Manusia (SDM) yang dimilikinya. Termasuk kompetensi para pengelola laman (website) di masing-masing unit kerja, yang meliputi fakultas dan Program Pascasarjana. Seperti yang dilakukan hari Rabu (18/09/2024) dengan memperkenalkan dan melatih sebanyak 20 operator laman unit kerja menggunakan program Google Site yang dikembangkan oleh Google.

Menurut Kepala Unit Penunjang Akademik (UPA) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Prof. Bayu Taruna, pihaknya memilih program Google Site karena memiliki beragam keunggulan. Seperti pengaplikasian yang mudah, mampu menampung data yang besar serta aman dari serangan pihak luar. Pertimbangan terakhir ini menjadi penting mengingat banyak kejadian laman yang diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Program Google Site kami gunakan dalam membangun laman triumvirat.unej.ac.id yang kami proyeksikan bakal memuat tulisan mengenai penelitian, pengabdian kepada masyarakat, prestasi maupun kegiatan di unit kerja,” jelas Prof. Bayu Taruna kepada peserta yang hadir di aula UPA TIK.

Kepala UPA TIK, Prof. Bayu Taruna memberikan materi terkait Google SiteSebelumnya dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor IV bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi memaparkan latar belakang pembuatan laman triumvirat.unej.ac.id. Menurutnya, adanya laman triumvirat.unej.ac.id berasal dari keinginan mitra Universitas Jember yang ingin tahu apa saja produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

“Jadi harapannya, khalayak umum yang ingin tahu kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kita lakukan tinggal mengunjungi laman triumvirat.unej.ac.id saja. Nanti penulisannya secara ilmiah populer sehingga menarik pembaca, dan jika ingin mengetahui lebih lanjut bisa menghubungi penelitinya melalui fakultas,” ulas Prof. Bambang Kuswandi.

Oleh karena itu, guru besar di Fakultas Farmasi ini mengingatkan seluruh operator laman agar rajin mengunggah tulisan di laman triumvirat.unej.ac.id agar makin banyak khalayak yang tahu dan paham akan kiprah Universitas Jember. Termasuk tidak lupa mengunggah di laman masing-masing unit kerja yang sudah ada.

Wakil Rektor IV UNEJ membuka kegiatan

“Semoga nanti juga makin banyak dosen dan mahasiswa yang menyumbangkan tulisannya, sehingga laman yang ada di domain unej.ac.id makin berkembang dan makin ramai dikunjungi. Yang pada akhirnya berdampak pada kualitas penilaian laman kita,” pungkas Prof. Bambang Kuswandi. (iim)

Skip to content