UNEJ Berangkatkan Mahasiswanya ke Singapura, Asistensi Mengajar Internasional di Sekolah Indonesia (Singapura) Ltd

Jember, 23 September 2024

Universitas Jember melalui program Asistensi Mengajar Internasional memberangkatkan tiga mahasiswa untuk mengajar di Singapura tepatnya pada Sekolah Indonesia (Singapura) Ltd (SIS) selama 2 bulan sejak 23 September sampai dengan 20 Oktober 2024. Tiga mahasiswa ini didampingi oleh Rifa’ati Dina Handayani, Kepala Laboratorium Kuliah Kerja Pengalaman Lapangan Persekolahan (KKPLP) Universitas Jember.

Menurutnya, program ini dilakukan untuk memberikan kesempatan sekaligus pengalaman bagi mahasiswa untuk mengajar di Sekolah Indonesia Singapura, “Ini merupakan langkah untuk meningkatkan kompetensi mengajar mahasiswa di tingkat internasional. Sejujurnya ide awal muncul dari salah satu dosen yaitu Bapak Rayendra Wahyu yang baru saja menyelesaikan sekolah S3 di Belanda dan ingin memberikan pengalaman baru pada mahasiswanya. Dari sanalah kemudian kami melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Atase Pendidikan Singapura, Satrya Wibawa hingga mendapatkan kesepakatan melaksanakan asistensi mengajar internasional di sana,”

Dosen Pendidikan Fisika ini juga mengatakan bahwa Program Asistensi Mengajar Internasional Sekolah Indonesia Singapura berlangsung selama dua bulan, satu bulan pertama dilaksanakan secara daring dari Indonesia dan bulan kedua dilaksanakan secara luring di Sekolah Indonesia Singapura. Disana mahasiswa akan melaksanakan praktek mengajar, pengambilan data untuk riset skripsi, serta pengabdian masyarakat yang berkolaborasi dengan dosen dari program studi masing-masing.

Tiga mahasiswa yang terpilih dalam program ini adalah Lutfiana Maulidatus Sa’diyah dari Program Studi Pendidikan Biologi, Kamilia Samaindra Zahidah dari Program Studi Pendidikan IPA, dan Karina Febiola Lutfiansyah dari Program Studi Pendidikan Guru PAUD. Mereka akan didampingi oleh Guru Pamong dari program studi masing-masing.

Dukungan penuh juga datang dari pimpinan Universitas Jember, sebelum keberangkatan Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik memberikan arahan dan wejangan agar para mahasiswa yang telah terpilih menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya agar meninggalkan kesan yang baik atas nama Universitas Jember di Singapura.

“Harapannya, kalian dapat menjadi etalase Universitas Jember yang dapat membuka kesempatan kerja sama dan pengabdian skala internasional kita terus berlanjut. Selain itu bisa juga melakukan kolaborasi penelitian dan penulisan jurnal bersama dengan sivitas akademika di sana, sehingga tidak hanya terbatas pada pendidikan atau pengajaran saja,” pungkas Rektor. (dil)

Skip to content