Hari Kesaktian Pancasila, Generasi Z UNEJ Aktif Pertahankan Nilai Pancasila

Jember, 1 Oktober 2024

Universitas Jember memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar upacara bendera yang khidmat di lapangan depan Rektorat Universitas Jember, Selasa (01/10/2024). Acara yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika, termasuk mahasiswa generasi Z, ini menjadi bukti nyata bahwa nilai-nilai Pancasila masih relevan dan terus diperjuangkan oleh generasi muda.

Ahmad Robi, salah satu perwakilan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer menyampaikan bahwa generasi Z memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), “Kami berkomitmen untuk terus belajar dan memahami nilai-nilai Pancasila. Saya yakin generasi Z tidak hanya hafal sila-sila dalam Pancasila, tapi juga berusaha mengimplementasikannya dalam kehidupan kampus maupun masyarakat dengan wujud konkritnya yaitu dalam hal etika,”

Ahmad Robi, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer usai mengikuti Upacara Bendera Hari Kesaktian Pancasila di Universitas Jember, Senin (01/10/2024)

Senada dengan Robi, Patricia perwakilan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi mengaku turut bangga dan senang dapat menjadi bagian dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila pagi ini, “Beberapa generasi Z mungkin mulai lengah, tapi dengan ikut sertanya kami pagi ini, kami ingin membuktikan bahwa generasi Z tidak hanya melek teknologi, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap bangsa dan negara,”

Dalam pembacaan naskah ikrar, Ketua Senat Universitas Jember, Andang Subaharianto mengatakan bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan NKRI 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah terjadi rongrongan yang terjadi dari dalam negeri maupun luar negeri.

Mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi, Patricia (tengah) bersama teman-temannya usai mengikuti Upacara Bendera Hari Kesaktian Pancasila di Universitas Jember, Senin (01/10/2024)

“Hal ini dimungkinkan oleh karena kelengahan dan kekurangwaspadaan kita terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Namun, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI,” tegasnya.

Ia menambahkan dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, hendaknya kita membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI. (dil)

Skip to content