Hadirkan Lomba-lomba Kognitif dalam PPMB FISIP: Temukan Minat dan Bakat Mahasiswa Baru Melalui PPMB

Jember, 7 Oktober 2024

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember sukses menggelar rangkaian lomba kognitif dalam Program Pengenalan Mahasiswa Baru (PPMB) sebagai upaya untuk menggali potensi dan bakat mahasiswa baru. Acara ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan PPMB yang diadakan FISIP untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2024.

Rangkaian lomba yang diadakan mencakup Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), National University Debating Championship (NUDC), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), serta lomba minat dan bakat lainnya, seperti tari dan pembuatan mading. Tujuan dari kegiatan ini tidak hanya untuk menghibur, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kritis, argumentasi, dan kreativitas mahasiswa baru.

Salah satu peserta lomba NUDC, Achmad Yusuf Laitsy, mahasiswa baru jurusan Ilmu Hubungan Internasional, mengungkapkan bahwa pengalaman ini sangat berharga untuk melatih dirinya berpikir kritis dan responsif terhadap berbagai isu yang diangkat.

Pelaksanaan lomba KDMI oleh mahasiswa baru Fisip UNEJ

“Melalui debat ini, saya belajar bagaimana menyusun dan menyampaikan argumen dengan kuat, meskipun dengan mosi yang sering kali tidak terduga dan dalam waktu yang terbatas, yang pasti kegiatan ini sangat membantu mengasah kemampuan bahasa inggris saya,” ungkapnya.

Selain KDMI dan NUDC, PPMB FISIP juga menghadirkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai wadah bagi mahasiswa baru untuk mengembangkan ide-ide inovatif. PKM merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bertujuan mendorong mahasiswa untuk mengajukan proposal penelitian, pengabdian masyarakat, hingga kewirausahaan. Dalam PPMB ini, mahasiswa baru diajak untuk mempersiapkan diri dan berkolaborasi dengan teman-teman dalam membentuk tim yang solid. Pemenang dari lomba PKM di PPMB ini akan mendapat bimbingan lebih lanjut untuk mengajukan proposal secara resmi di tingkat nasional.

Pelaksanaan lomba NUDC oleh mahasiswa baru Fisip UNEJ

Rida Sabana Puteri, Ketua Pelaksana PPMB FISIP 2024 saat ditemui di kampus Rabu pagi (09/10/2024) menyampaikan bahwa rangkaian lomba ini bukan hanya sekadar kompetisi, melainkan bagian dari proses pembentukan karakter dan pengembangan potensi mahasiswa baru.

“Kami selaku panitia ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka sejak dini, baik di bidang akademik, penelitian, maupun kreativitas. Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat menemukan talenta-talenta baru yang nantinya akan diasah sehingga dapat membawa nama baik FISIP dan Universitas Jember,” ujarnya.

Pemaparan lomba mading oleh mahasiswa baru Fisip UNEJ

Lebih lanjut, Rida menjelaskan bahwa pelaksanaan PPMB FISIP 2024 dimulai sejak tanggal 21 September dan berlangsung hingga 6 Oktober 2024. Dalam rentang waktu tersebut, mahasiswa baru tidak hanya diberikan materi pengenalan kampus dan fakultas, tetapi juga diajak untuk aktif dalam berbagai kegiatan lomba.

Dari hasil lomba-lomba ini nantinya para pemenang akan mendapatkan bimbingan dan arahan lebih lanjut dari dosen dan mahasiswa yang berprestasi di masing-masing bidang lomba, agar mereka bisa mengembangkan potensi mereka lebih jauh untuk persiapan mengikuti lomba yang sesungguhnya. (nil)

Skip to content