GENERAL LECTURE dan Pelatihan Manajemen Risiko di FEB UNEJ: Meningkatkan Kualitas Lulusan dengan Fokus pada Gen Z dan Internal Audit

Jember, 19 Oktober 2024
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ) menyelenggarakan kegiatan General Lecture bertajuk “Gen Z dan Internal Audit: Peluang Kerja dan Karir di Era Digital”, serta Pelatihan Manajemen Risiko Perusahaan untuk Mendukung Internal Audit Awareness Program di Ruang Ir. Soekarno FEB UNEJ (19/10/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-60 Universitas Jember sekaligus Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember. Dalam sambutannya, ia menyampaikan, tema yang diangkat sangat relevan, terutama untuk generasi Gen Z. “Kegiatan ini sangat relevan karena membahas tentang peluang kerja dan karir di dunia digital. Bukan hanya Gen Z yang akan menerima manfaat dari kegiatan ini, melainkan generasi lainnya juga bisa mengupdate ilmu pengetahuan mereka tentang internal audit sesuai dengan perkembangan saat ini,” ujarnya.

Sambutan Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Gen Z adalah generasi yang lahir di era digitalisasi, sehingga mereka sangat akrab dengan teknologi digital. Namun, ia juga menekankan bahwa metode pembelajaran yang digunakan saat ini masih perlu disesuaikan dengan kondisi dan karakter Gen Z. “Mereka perlu kesempatan untuk mengupdate pengetahuan mereka. Banyak perubahan sistem yang dulunya menggunakan Excel, sekarang lebih banyak menggunakan platform remote, dengan harapan mereka dapat bekerja dari mana saja selama laporan yang dihasilkan tetap accessible dan terjamin keamanannya, terutama data-data yang sifatnya privat,” imbuhnya.

Ia juga menyoroti pentingnya adaptasi cepat bagi Gen Z terhadap perubahan teknologi serta tata kelola lingkungan dan sosial (ESG – Environmental, Social, and Governance). “Gen Z harus memiliki kesadaran dan pemahaman tentang ESG untuk menjaga keberlangsungan hidup di tengah masyarakat. Awareness tentang hal ini penting agar mereka siap menghadapi tantangan di dunia kerja,” pungkasnya.
Dekan FEB UNEJ, Prof. Dr. Isti Fadah, M.Si., CRA., CMA., juga memberikan apresiasi dalam sambutannya. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen FEB UNEJ dalam meningkatkan kualitas lulusan dan sebagai bentuk tindak lanjut dari kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk mitra global di bidang audit. “Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Dies Natalis ke-60 Universitas Jember dan Dies Natalis FEB UNEJ, dan menjadi momentum bagi kita untuk terus berinovasi dalam mendukung pengembangan potensi mahasiswa,” katanya.

Laporan Ketua panitia kegiatan, Dr. Alfi Arif, SE., M.AK., Ak.,

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, Dr. Alfi Arif, SE., M.AK., Ak., menyampaikan bahwa acara ini menjadi salah satu momen penting dalam memperkuat kemitraan dengan lembaga-lembaga di bidang audit, baik di dalam maupun luar negeri. “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kita untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa FEB UNEJ, terutama dalam bidang audit internal yang sangat relevan di era digital ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan, sebagai bagian dari kegiatan ini, FEB UNEJ memberikan penghargaan Ultimate Award kepada individu dan lembaga yang telah berkontribusi dalam pengembangan dan kemajuan fakultas. “Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang telah memberikan dedikasi, baik dalam bentuk pemikiran, material, maupun dukungan lainnya dalam perkembangan FEB UNEJ,” jelasnya. Selain itu, terdapat juga penandatanganan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk program implementasi yang akan dilakukan secara kolaboratif antara jurusan manajemen dan akuntansi.

Penandatanganan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk program implementasi yang akan dilakukan secara kolaboratif antara jurusan manajemen dan akuntansi.

Kegiatan General Lecture ini menghadirkan pemateri-pemateri berpengalaman di bidang internal audit dan manajemen risiko. Nur Mokhlas Iryo Sukaimi, Ak., MSc, CMA, QIA, CIA, CGAP, CCSA, CRMA, CA, PMIIA, CPA, CISA, dari KAP Sriyadi Elly Sugeng (SES) membawakan materi berjudul “Gen Z dan Internal Audit: Peluang Kerja dan Karir di Dunia Digital”. Dalam paparannya, ia membahas pentingnya adaptasi generasi muda, khususnya Gen Z, dalam memahami teknologi digital dan tantangan yang dihadapi oleh para auditor di era modern ini.

Pemateri kedua, Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak., CA., CPA, yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UNEJ, menyampaikan materi tentang “Faktor Kunci Pemilihan Karir Sebagai Internal Auditor pada Gen Z”. dirinya menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai peran dan tanggung jawab internal auditor di era digital dan bagaimana Gen Z dapat memanfaatkan peluang ini untuk membangun karir yang sukses.

Pemateri KEGIATAN Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak., CA., CPA, yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UNEJ, (tengah) Nur Mokhlas Iryo Sukaimi, Ak., MSc, CMA, QIA, CIA, CGAP, CCSA, CRMA, CA, PMIIA, CPA, CISA, dari KAP Sriyadi Elly Sugeng (SES) (kanan)

Pada kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta praktisi dari berbagai bidang terkait, baik secara luring maupun daring. Salah satu peserta, Zahra Aulia Bintang Prameswari, mahasiswi Jurusan Akuntansi FEB UNEJ angkatan 2021 asal Jember, mengungkapkan pentingnya acara ini bagi dirinya sebagai bagian dari generasi Z. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman, terutama untuk memahami peluang karir di bidang audit yang semakin berkembang dengan digitalisasi. Ini membuka wawasan kami mengenai peluang yang ada di dunia kerja,” ujarnya.(is)

Skip to content