Berita Universitas Jember

BRI Work, Jembatan Mahasiswa Menuju Dunia Kerja

Jember, 10 Juni 2022
Universitas Jember kini memiliki fasilitas baru, yakni BRI Work hasil kolaborasi bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dalam sambutan peresmiannya, Direktur Kepatuhan BRI, A. Solichin Lutfiyanto menjelaskan, fasilitas BRI Work diharapkan menjadi wahana bagi mahasiswa untuk belajar, magang dan beradaptasi dengan dunia kerja sehingga kelak saat lulus nanti tak lagi canggung memasuki dunia kerja. Keberadaan BRI Work di Universitas Jember diresmikan secara bersama oleh Direktur Kepatuhan BRI, A. Solichin Lutfiyanto, dan Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Andrijanto, bersama Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna (10/6). BRI Work di Universitas Jember adalah yang ketiga setelah sebelumnya sudah berdiri di Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor.

Menurut Direktur Kepatuhan BRI, keberadaan BRI Work adalah bagian dari kontribusi BRI bagi kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya meningkatkan ketrampilan mahasiswa di bidang perbankan. Nantinya BRI Work yang menyediakan layanan perbankan, ruang kerja bersama (co working space) dan sarana pelatihan diharapkan membuat lulusan Universitas Jember lebih pede memasuki dunia kerja. Tidak hanya melibatkan dosen dan mahasiswa, namun praktisi BRI juga akan mengisi berbagai pelatihan yang akan digelar secara berkelanjutan.

“Sebagai praktisi, kami masih menemukan lulusan perguruan tinggi yang membutuhkan masa adaptasi saat memasuki dunia kerja, mereka belum seratus persen dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Keberadaan BRI Work diharapkan memperpendek masa adaptasi tersebut dengan cara memberikan knowlegde, skill, attitude serta self confident. Tentu saja nanti tidak hanya ketrampilan yang terkait dunia perbankan saja, namun juga di bidang lainnya. Termasuk praktisi BRI akan memberikan transfer ilmu dan ketrampilan kepada mahasiswa dan dosen,” ujar A. Solichin Lutfiyanto yang merupakan alumnus Fakultas Pertanian Universitas Jember angkatan tahun 1987.

Bantuan fasilitas BRI Work disambut rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi oleh Rektor Universitas Jember. Menurutnya keberadaan BRI Work yang digagas sejak tahun 2020 lalu ini akan menjadikan mahasiswa Universitas Jember makin kompatibel dengan dunia kerja. Fasilitas BRI Work berada di lantai dasar Gedung R. Soedjarwo yang berdekatan dengan UPT Perpustakaan, Gedung CDAST, Gedung C-RiSHH serta gedung rektorat sehingga sangat strategis mengingat menjadi tempat favorit mahasiswa untuk berkumpul dan berdiskusi.

“Kemampuan soft skill memang harus diberikan sejak dini kepada mahasiswa. Dan adanya program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka salah satunya bertujuan memberikan berbagai ketrampilan kepada mahasiswa, serta memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mahasiswa mencari ilmu, ketrampilan dan pengalaman di luar kampus. Jadi adanya BRI Work selaras dengan program Merdeka belajar-Kampus Merdeka,” tutur Iwan Taruna. (iim)

 

Untuk publikasi konten dan media, silahkan menghubungi humas@unej.ac.id