Berita Universitas Jember

Ciptakan Platform kawanhukum.id, Mahasiswa FH UNEJ Juarai Kompetisi Esai

Jember, 11 November 2019
Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember kembali menorehkan prestasi gemilang. Mereka adalah Irfan Dwi Syahroni dan Shofi Munawwir Effendi yang telah berhasil menorehkan Juara 1 dalam Kompetisi Esai Mahasiswa Se Jawa Timur pada ajang Trunojoyo Law Fair UTM, Bangkalan, Madura (03/11/19). Dalam kejuaraan yang bertemakan “Peran Mahasiswa Terhadap Prolematika Isu Hukum di Indonesia” mereka berdua mampu memukau para dewan juri.
“Kami membawakan judul esai mengenai Penciptaan Platform kawanhukum.id di Era Revolusi Industri 4.0. Kawan Hukum ini merupakan media informasi mengenai hukum yang diinisiasi mahasiswa FH UNEJ. Kawanhukum.id berperan untuk mengedukasi dan mengadvokasi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran hokum,” ujar Shofi saat diwawancarai oleh tim Humas Universitas Jember, (11/11).


Dibawah bimbingan Muhammad Bahrul Ulum yang juga merupakan Dosen FH UNEJ kawanhukum.id diharapkan mampu menjadi media informasi hukum yang merepresentasikan mahasiswa hukum diseluruh Indonesia. Saat ini kawanhukum.id sudah bisa diakses melalui website, Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, hingga Spotify.
“Dalam mengelola kawanhukum.id ini kami menerima secara terbuka tulisan berupa artikel, berita, materi kuliah, fakta unik, hingga info lomba, kerja, magang. Baik mahasiswa, dosen, hingga masyarakat umum dapat membuat akun di kawanhukum.id untuk mengirimkan artikel yang nanti akan diproses oleh tim editor,” lanjut Shofi.
Shofi mengatakan, tujuan Irfan dan Shofi membangun kawanhukum.id dilatar belakangi media informasi akurat dikalahkan oleh media berita hoax yang merajalela. Selain itu, mereka merasa bahwa perlu adanya wadah aspirasi dan motivasi bagi anak hukum yang mengintegrasikan kebutuhan mahasiswa hukum itu sendiri.
“Kami merasa prihatin terhadap kesadaran dan kepatuhan masyarakat pada hukum yang cenderung minim. Maka, sebagai agent of change dan upaya penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami ingin berkontribusi dan beraksi melalui kawanhukum.id” jelas Shofi.
Shofi berharap, media edukasi terkait hukum yang di launching resmi pada 01 September 2019 bersama Komisi Yudisial RI di Surabaya ini, mampu menjadi media yang mencerahkan pemahaman masyarakat utamanya dan mahasiswa hukum khususnya, dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum.