Berita Universitas Jember

Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., Rektor Universitas Jember 2020-2024

Jember, 23 Januari 2020

Setelah melewati proses pemilihan, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., akhirnya terpilih sebagai Rektor Universitas Jember masa bhakti 2020-2024. Dosen Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian ini bakal menggantikan Drs. Moh. Hasan., M.Sc., Ph.D., sebagai Rektor Universitas Jember. Dalam proses pemilihan,  Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., memperoleh suara sebanyak 75 suara, sementara kandidat lainnya yakni Drs. Zulfikar, Ph.D mendapatkan 51 suara sementara Prof. Dafik., M.Sc., Ph.D memperoleh 11 suara. Proses pemilihan kali ini melibatkan suara dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Seusai proses pemilihan, M. Ali, Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Rektor Universitas Jember Periode 2020-2024 menjelaskan, pemilihan dihadiri oleh Plt. Direktur Sumber Daya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, M. Sofwan Effendi yang merupakan wakil dari Mendikbud Nadiem Makarim. “Sementara itu ada 89 anggota senat Universitas Jember yang hadir dari 92 orang anggota. Tiga orang anggota senat berhalangan hadir. Alhamdulillah proses pemilihan rektor berjalan lancar dari awal penjaringan hingga proses pemilihan rektor,” ujarnya.

Seperti yang menjadi programnya, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., selanjutnya akan fokus menghasilkan lulusan berkualitas, meningkatkan kapasitas dosen, mengembangkan kreativitas keilmuan yang produktif, dan menjalankan tata kelola kampus yang baik. Selanjutnya pelantikan rektor baru menunggu pemberitahuan dari Kemendikbud mengingat masa bhakti rektor sebelumnya akan habis pada tanggal 27 Januari 2020. (*)