Berita Universitas Jember

Forum Komunikasi Alumni Program Studi Ilmu Administrasi FISIP Universitas Jember Gelar Bakti Sosial.

Sabtu 5 Juni 2021

Bertempat di pondok pesantren Sofa Marwa di Dusun Krajan, Desa Patemon Kecamatan Pakusari Jember, Kegiatan Baksos Khitanam Masal diadakan oleh Forum Komunikasi Alumni Program Studi Ilmu Administrasi FISIP Universitas Jember bekerja sama dengan UMC Unej, Program Doktor Ilmu Admniistrasi Unej, RSNU Bondowosa dan banyak instansi lain yang turut berpartisipasi dalam program ini. Acara seremonial dimulai tepat pada pukul 09.00 dengan serangkaian acara pembukaan dan sambutan dari pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan bakti sosial ini.

“Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan kegiatan yang diinisisasi oleh FKA PIA FISIP dengan mengkolaborasikan kegiatan dengan pendekatan pemberdayaan kepada masyarakat secara langsung sebagai implementasi alumni dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, demikian ucap Ketua FKA yang baru Dr. Iryono, SP, MP dalam sambutan dalam acara baksos tersebut.

Dr. Edy Wahyudi,MM berpesan agar kegiatan FKA yang bersifat sosial dan mendekatkan diri pada masyarakat harus sering kali dilakukan, agar kegiatan FKA lebih tepat sasaran dan juga tidak semata-mata terjebak dalam rutinitas kerja yang penuh tekanan. Lebih lanjut Bapak Kaprodi juga menyampaikan bahwa kegiatan FKA harus menumbuhkan rasa bahagia bagi pelaksana sekaligus bagi masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Sementata itu pengasuh pondok pesantren Sofa Marwa ibu Nyai Dr. Khamdanah yang juga merupakan anggota FKA menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasi dalam kegiatan Baksos ini. Lebih lanjut beliau berpesan bahwa siapapun yang berbuat baik nantinya akan memetik hasil yang baik pula dan akan senantiasa dimudahkan oleh Allah dalam segala urusan.

Dr. Untung Khuzairi menuntun para peserta sunatan massal untuk memantapkan niat khitan sebagai bagian dari tuntunan agama yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS.

Acara baksos khitanan massal dan santunan anak yaitim dan duafa terasa sangat meriah dan bernuansa rohani karena bertempat di pesantren. Iringan hadrah dan sholawat nabi dilantunkan oleh para santri di pesantren Sofa Marwa menambah suasana lebih semarak dan menyejukkan.

Iringan isak tangis dan jeritan kecil peserta juga menghiasi jalanya khitanan massal, karena Sebagian peserta ada yang belum siap secara mental, namun setelah selesai di khitan, senyuman Bahagia menghiasi bibir para peserta karena merasa lega sudah menjalankan salah satu syariat tuntunan agama yakni berkhitan.

Seorang wali khitan menyatakan bahwa acara bakti sosial dalam bentuk khitanan massal dalam masa pandemic ini sangat menolong bagi para orang tua yang mempunyai putra layak khitan yang terhimpit masalah ekonomi ditengah badai pandemic COVID-19. Mereka sangat terbantu dengan acara bakti sosial yang diadakan FKA PIA FISIP Unej dan berharap agar acara serupa ataupun acara yang lain yang bersifat pemberdayaan masyarakat dapat sering dilaksanakan agar masyarakat merasakan manfaat langsung terhadap program kerja dan kehadiran FKA PIA FISIP Unej.

Acara baksos khitanan massal hari ini secara umum berjalan lancar dan bahkan lebih cepat dari rundown acara yang sudah ditetapkan. Acara bakti sosial khitanam massal ini diikuti oleh 53 peserta yang dikhitan yang berasal dari sekitar pondok pesantren Sofa Marwa dan dari sekitaran masyarakat kampus Unej Jember serta peserta yang dibawa oleh anggota FKA dari berbagai tempat.

Bakti sosial khitanan massal ini melibatkan tenaga medis dari UMC Universitas Jember yang terdiri dari 8 orang tenaga medis dan 1 orang Dokter, 2 orang tenaga medis dan 1 orang dokter dari RSNU Bondowoso serta relawan medis dari lingkungan FKA sendiri.

Kegiatan baksos ini diselenggarakan dengan standar protocol Kesehatan yang ketat, dengan melibatkan satgas COVID-19 kecamatan Pakusari, tokoh masyarakat yang ada di sekitar pesantren dan juga seluruh anggota pesantren Sofa Marwa yang turut serta dalam membantu kegiatan dan mengawasi masyarakat yang hadir dengan standard protocol Kesehatan.

Secara umum penyelenggaraan bakti sosial khitanan massal dan santunan yatim piatu dan duafa yang disenggarakan hari ini di pesantren Sofa Marwa berjalan dengan tertib dan berhasil mencapai target yang telah ditetapkan. Kedepan kegiatan yang serupa akan lebih ditingkatkan lagi oleh FKA PIA FISIP Unej sebagai wadah alumni yang turut serta dalam mengabdikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.