Berita Universitas Jember

Gelar Posyandu Sekaligus Pengajian, Nurse.co.id Bikin Warga Paham Imunisasi

Lumajang, 18 November 2019

Kelompok Riset Nursing Care in Community Setting for the Acceleration of Health in Indonesia (KeRis Nurse.co.id) Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menggelar kegiatan Posyandu sekaligus pengajian di balai desa Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Lumajang (17-18/11). Kegiatan ini merupakan perwujudan dari kerjasama antara Universitas Jember Kampus Lumajang dengan MUI Lumajang yang sudah disepakati pada tanggal 30 Oktober 2019 lalu di PP. Miftahul Ulum. Kegiatan Posyandu melibatkan kader kesehatan, bidan, perawat, bidan di Desa Ranu Pakis dan tokoh agama setempat.

Menurut Nurul Hayati, Ketua KeRis Nurse.co.id, kegiatan Posyandu yang sekaligus pengajian diharapkan menarik minat orang tua yang memiliki balita agar mau memberikan imunisasi bagi anak-anaknya. “Sesi pemeriksaan balita diadakan setelah pengajian Muslimat digelar, tujuannya untuk meningkatkan jumlah balita yang mendapatkan imunisasi. Bahkan kami melayani konsultasi dengan para orang tua. Dengan dibuka pengajian, maka para ibu jadi lebih berani bertanya,” ungkap Nurul Hayati.

Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain bagaimana mengatasi anak yang mengalami panas setelah menerima imunisasi, dan larangan dari suami untuk memberikan imunisasi bagi anak. Pertanyaan-pertanyaan tadi dijawab tuntas oleh tim yang terdiri dari tenaga kesehatan di Desa Ranu Pakis dan dosen Universitas Jember Kampus Lumajang beserta anggota MUI Lumajang. “Kegiatan serupa akan kami lakukan secara periodik, pasalnya terbukti efektif membuka ruang diskusi bagi warga sehingga sosialisasi tidak berjalan satu arah saja. Dukungan dari MUI Lumajang juga sangat membantu memberikan pemahaman bagi warga dari sudut pandang agama,” pungkas Sri Wahyuningsih, salah satu dosen Universitas Jember Kampus Lumajang. (Tim UNEJ Lumajang)