Berita Universitas Jember

Gerbong Reformasi Birokrasi Universitas Jember Mulai Bergerak

 Jember, 30 Desember 2020

Universitas Jember terus melangkah mewujudkan good university governance. Setelah resmi beralih  menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berstatus Badan Layanan Umum (BLU) semenjak 17 Desember 2020, kini giliran gerbong reformasi birokrasi yang mulai bergerak. Ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah 83 pejabat fungsional di berbagai bidang oleh Rektor Universitas Jember di gedung auditorium Universitas Jember (29/12). Untuk diketahui, para pejabat fungsional yang dilantik dan disumpah hari ini sebelumnya adalah pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Universitas Jember.

Dalam sambutan pelantikannya, Rektor Universitas Jember menjelaskan kegiatan hari ini adalah bagian dari reformasi birokrasi yang telah dicanangkan KemenPAN-RB bersama Kemendikbud. “Hari ini adalah hari yang monumental, sebab dengan pelantikan dan penyumpahan pejabat  fungsional ini maka sudah tidak ada lagi jabatan struktural eselon III dan eselon IV di lingkungan Universitas Jember. Kebijakan ini sesuai dengan Surat Edaran KemenPAN-RB nomor 384 tahun 2019 mengenai langkah strategis dan konkret mengenai penyederhaan birokrasi, dimana semua Perguruan Tinggi Negeri diminta melaksanakan penyederhanaan birokrasi sebelum tahun 2021,” ujar Iwan Taruna.

Iwan Taruna kemudian menambahkan, dengan penyederhanaan birokrasi ini maka diharapkan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan makin baik, apalagi Universitas Jember memasuki era Badan Layanan Umum. “Saya berharap semua pejabat fungsional segera beradaptasi dengan jabatan baru, sehingga kualitas layanan kita makin meningkat di masa Badan Layanan Umum. Apalagi kita semua sudah mencanangkan Universitas Jember sebagai Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” imbuh Rektor Universitas Jember. Upacara yang digelar di auditorium hanya dihadiri oleh pejabat yang dilantik dan disaksikan pejabat terbatas, sementara undangan lainnya menyaksikan secara daring.

Berikut jumlah pejabat dan daftar jabatan fungsional yang dilantik oleh Rektor Universitas Jember ;

No Jabatan Jenjang Jumlah
1. Analis Kepegawaian Ahli Madya 18
2. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Madya 1
3. Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Madya 1
4. Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Madya 2
5. Arsiparis Ahli Madya 1
6. Analis Kepegawaian Ahli Muda 8
7. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda 14
8. Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda 8

No Jabatan Jenjang Jumlah
9. Arsiparis Ahli Muda 11
10. Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda 7
11. Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda 2
12. Pranata Komputer Ahli Muda 7
13. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda 5
14. Analis Anggaran Ahli Muda 2
15. Analis Hukum Ahli Muda 1
  J u m l a h   83

 (iim)