Berita Universitas Jember

Himakes FISIP Gelar Seminar Nasional

Jember, 19 November 2019
Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial (HIMAKES), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember gelar seminar nasional di aula lantai II FISIP, (16/11). Seminar yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jember Moh. Hasan ini mengusung tema “Penerapan SDG’s Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sumber Manusia di Era Society 5.0.”
Dalam sambutan singkatnya Hasan memberikan apresiasinya atas terselenggaranya Kegiatan Rutin Tahunan Ilmu Kesejahteraan Sosial (KERTAKASI) yang saat ini sudah memasuki tahun ke 5. Menurutnya, acara ini akan memberikan wawasan kepada para peserta mengenai apa itu Society 5.0.

“Karena era Society 5.0 saat ini sudah ditetapkan walaupun memang lebih dulu di Jepang. Bahkan pemerintahpun juga sangat mendukung dan memfasilitasi masyarakatnya terkait hal ini. Menurut saya era Society 5.0 ini sasarannya untuk menciptakan smart society,” ujar Hasan.
Dalam seminar ini menghadirkan beberapa pemateri yang kompeten dibidang mereka masing-masing. Mereka adalah Dr. Arif Dzulkifli, S.T. MM. dari pakar Lingkungan Hidup, Budhy Santoso, S.Sos., M.Si., Ph.D dari tim ahli SDG’s Center Universitas Jember, dan Dr. Pairan, M.Si dari Akademisi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Jember.
“Sebetulnya pada era Society 5.0 ini menghendaki masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan teknologi dengan menyelesaikan masalah melalui sistem yang mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik atau disebut Super Smart Society. Karena era society 5.0 akan merubah dunia dengan adanya perkembangan teknologi secara signifikan dalam berbagai sendi kehidupan masayarakat.,” jelas Arif.

Gelaran Ketakasi ke V ini memiliki beberapa rangkaian acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif di seluruh Indonesia. Adapun kegiatan tersebut diantaranya; National Welfare Competition (NWC), Seminar Nasional, dan Welfare Camp dan presentasi oleh finalis National Welfare Competition IV yang tulisannya telah lolos seleksi dan akan diterbitkan dalam buku ber ISBN.