• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

~ update setiap hari ~

Jika Pemuda Baik, Baik Pula Sebuah Negara

Jember, 13 November 2017

Dies Natalis ke 53 Universitas Jember dirayakan dengan berbagai kegiatan, dari kegiatan yang bersifat akademik, olah raga, kesenian hingga yang bersifat keagamaan. Salah satunya adalah kegiatan sholawatan yang dilaksanakan hari Sabtu malam di double way Kampus Tegalboto (11/11). Ribuan jamaah yang terdiri dari keluarga besar Universitas Jember, berbaur dengan masyarakat Jember dari berbagai daerah, larut dalam pembacaan sholawat Nabi yang dipimpin oleh Gus Baiquni Purnomo dari Majlis Sholawat dan Maulid Al Ghofilin, Talangsari, Jember.

Seusai pembacaan sholawat, Gus Baiquni Purnomo menyatakan apresiasinya atas kegiatan sholawat di Kampus Tegalboto. “Saya selalu antusias jika diajak dan diundang bersholawat bersama para kaum muda, yah seperti kalangan mahasiswa Universitas Jember saat ini. Mengapa ? Karena itu berarti kalangan muda masih bersemangat untuk beribadah. Sebab ingat jika para pemudanya baik, maka baik pula sebuah negara,” jelas Gus Baiquni Purnomo mengutip pesan Rasulullah SAW. Cucu dari ulama kharismatik KH. Achmad Shiddiq ini kemudian mengingatkan para mahasiswa agar selalu berhati-hati dalam bergaul agar tidak terjerumus dalam paham radikal. “Mari saling berlomba memberikan kontribusi terbaik bagi negara Indonesia,” pesannya lagi.

Sebelumnya, dalam pidato pembukaannya, M. Sulthon, Wakil Rektor III Universitas Jember menyampaikan bhawa kegiatan sholawatan adalah tradisi yang diadakan setiap kali peringatan Dies Natalis Universitas Jember, juga di moment-moment penting lainnya. Selain sebagai salah satu bentuk ibadah, sholawatan menjadi wahana silaturrahmi antar keluarga besar kampus Tegalboto dan masyarakat luas. M. Sulthon juga meminta doa restu dan dukungan dari segenap jamaah yang hadir agar Universitas Jember mampu mengemban amanah mendidik para pemimpin bangsa. “Saat ini Kampus Tegalboto mendidik ribuan mahasiswa dari berbagai daerah, mohon doa dan dukungan agar Universitas Jember makin maju dan makin bermanfaat,” tuturnya. (iim)