Berita Universitas Jember

Keluarga Besar R. Soedjarwo Kunjungi Kampus Tegalboto

Jember, 13 Agustus 2019

Keluarga besar R. Soedjarwo mengunjungi Kampus Tegalboto. Kunjungan yang dilakukan bertepatan di Hari Raya Idul Adha (11/8) ini dalam rangka silaturahmi dengan jajaran pimpinan Universitas Jember, juga sekaligus menyerahkan 2 ekor sapi kepada takmir Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto. Untuk diketahui, R. Soedjarwo adalah Bupati Jember yang pernah menjabat selama dua periode, pertama pada 1957-1959 dan kedua 1961-1964. R. Soedjarwo adalah salah satu sosok yang berjasa bagi perkembangan Universitas Jember. Untuk mengenang jasa-jasanya, salah satu gedung di Kampus Tegalboto diberi nama sebagai Gedung R. Soedjarwo.

Dalam kesempatan ini, Suhardjo Widodo, salah satu putra R. Soedjarwo menuturkan peran ayahandanya dalam pendirian Universitas Jember. Saat itu R. Soedjarwo mendukung penuh ide pendirian sebuah perguruan tinggi di Jember yang digagas oleh dr. R. Acmad, R. Soerachman, dan R. Th. Soengedi. Dukungan ini ditunjukkan dalam kapasitasnya sebagai Bupati Jember dengan mengerahkan pengumpulan dana hingga membangun gedung di daerah Patrang sebagai kampus Universitas Tawang Alun di tahun 1958. Universitas Tawang Alun adalah perguruan tinggi swasta yang kelak kemudian di tahun 1964 dinegerikan menjadi Universitas Negeri Djember.

Kedatangan keluarga besar R. Soedjarwo yang dipimpin oleh Kol. drg. Rizal Rivandi, Sp.BM disambut langsung oleh Rektor bersama Wakil Rektor II Universitas Jember. Dalam kesempatan ini, Moh. Hasan menunjukkan perkembangan pembangunan Gedung R. Soedjarwo yang direncanakan sebagai gedung serba guna untuk menampung kegiatan mahasiswa Universitas Jember. Di akhir kunjungannya, keluarga besar R. Soedjarwo menyerahkan kenang-kenangan berupa foto R. Soedjarwo kepada Rektor Universitas Jember. (iim)