Berita Universitas Jember

Kunjungan Kerja UPT Kearsipan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

Kepala UPT Kearsipan Universitas Lambung Mangkurat Hj. Salamah, S.AP beserta rombongan yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari pejabat struktural dan staf  rektorat mengadakan kunjungan ke UPT Kearsipan Universitas Jember terkait dengan implementasi Aplikasi SIKD pada tanggal 4 – 5 November 2019.

Pada hari pertama kunjungan diterima oleh Agus Maryono, S.H. Kepala Biro Umum, Kuangan dan Kepegawaian  Universitas Jember dan Trayo Sasti Hardiani, S.E. Kepala UPT Kearsipan Universitas Jember. Kepala Biro Umum, Keuangan dan Kepegawaian Universitas Jember menyampaikan mengenai  tenaga struktural yang nantinya akan bertransformasi menjadi  tenaga fungsional. Hj. Salamah, S.AP menyampaikan bahwa  maksud dan tujuan kunjungannya adalah pertama untuk menjalin tali silaturrahmi antar UPT Kearsipan Universitas, kedua sebagai referensi dan berbagi pengalaman  dengan UPT Kearsipan Universitas Jember karena Universitas Jember telah menjadi salah satu perguruan tinggi  yang telah memenuhi standar pengelolaan arsip dinamis universitas yang berbasis aplikasi SIKD-TIK. Beliau juga menyampaikan   bahwa sebagai UPT Kearsipan yang baru masih harus banyak belajar untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan arsip dinamis dan statis yang lebih baik.

Setelah banyak berdiskusi acara dilanjutkan dengan saling bertukar cinderamata yang diserahkan oleh Ibu Hj. Salamah, S.AP. kepada Bpk. Agus Maryono, S.H. dan sebaliknya,  kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Berikutnya rombongan menuju ruang sidang senat lantai 2 kantor pusat untuk mendengarkan penyampaian materi Implementasi SIKD-TIK dan pengembangannya di Universitas Jember yang disampaikan oleh Ibu Trayo Sasti Hardiani, S.E. serta sharing pengalaman dalam menghadapi kendala-kendala dalam mengoperasikan SIKD dan bagaimana cara-cara mengatasinya, dimana dalam aplikasi SIKD tidak bisa lepas dari empat instrumen yaitu Tata Naskah Dinas (TND), Klasifikasi Arsip (KA), Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis (SKKAAD) . Berikutnya rombongan menuju ke ruang UPT Kearsipan untuk praktek langsung cara pengoperasian SIKD  dan meninjau pengelolaan arsip manual serta melihat server yang ada di UPT Kearsipan

Ibu Hj. Salamah, S.AP mengucapkan terimakasih atas diterimanya kunjungan Universitas Lambung Mangkurat ke Universitas Jember dengan baik dalam rangka menimba ilmu dan menjalin tali silaturrahmi semoga bermanfaat untuk pengembangan SIKD di Univesitas Lambung Mangkurat tuturnya.