Berita Universitas Jember

LP3M Universitas Jember Galakkan Jember Gemar Membaca

Jember, 7 Oktober 2019

Pusat Pengembangan Literasi, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan “Jember Gemar Membaca” sebagai bagian dari Festival Literasi yang diadakan dalam rangka Dies Natalis Universitas Jember ke-55 tahun 2019 (5/10). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya baca dan literasi sastra di Jember, khususnya di kalangan pelajar.

Untuk itu Pusat Pengembangan Literasi LP3M menghadirkan para pengarang buku dan menggelar lomba baca puisi tingkat SLTP.  Hadir dalam kesempatan ini Taufik WR. Hidayat pengarang buku Agama Para Bajingan, dan Nurel Javissyarqy dengan judul bukunya Membongkar Mitos Dalam Kesusastraan Indonesia. Pusat Pengembangan Literasi LP3M sekaligus menggelar Forum Sarasehan Temu Penyair Jawa Timur III yang diharapkan menghasilkan antologi puisi jilid tiga. Sebelumnya Pusat Pengembangan Literasi LP3M juga telah menertbitkan buku Antologi Puisi Jawa Timur pada tahun 2015, dan Antologi Puisi berjudul Balada Tanah Bakat pada tahun 2017 lalu.

Dalam sambutannya, Akhmad Taufiq, Ketua LP3M Universitas Jember, menjelaskan, bahwa kita di takdirkan menjadi bagian dari sejarah kebudayaan di Indonesia khususnya di Jawa Timur. “Untuk itu LP3M Universitas Jember bertekad memfasilitasi berbagai kegiatan literasi sastra secara partisipatoris egaliter dan penuh kesetaraan. Ini adalah mimpi kita semua yang pernah kita cita-citakan di era reformasi bahwa negara itu adalah fasilitator,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini Akhmad Taufiq turut menjadi pemateri membahas buku Agama Para Bajingan dan Membongkar Mitos Dalam Kesusateraan Indonesia bersama sastrawan dan penyair Dwi Pranoto. Ketua LP3M ini juga berkesempatan memberikan hadiah kepada para siswa yang menjadi juara dalam lomba baca puisi. “Semoga adik-adik kita ini nantinya menjadi pegiat pengembangan literasi di Indonesia khususnya di Timur Jawa” harapnya. (LP3M)