Berita Universitas Jember

Melatih Sikap Solidaritas Melalui Kegiatan Prognosis

Lumajang, 19 Februari 2020
Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi (Prodi) Diploma 3 (D3) Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang gelar Pembinaan Kader Organisasi dan Transformasi Sikap (Prognosis), (12-13/2). Kegiatan yang digelar di Kampus D3 Keperawatan ini dalam rangka melatih mahasiswa membangun sebuah organisasi yang solid, berintegritas dan bertanggung jawab dalam mengemban tugas di sebuah organisasi.
Kegiatan pelatihan yang mengusung tema “Membangun Leadership Solid dan Berintegritas” ini dibuka langsung oleh ketua Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, Nurul Hayati. Dalam sambutan singkatnya Nurul menyampaikan pentingnya kegiatan Prognosis ini untuk dilaksanakan.


“Peran kita sebagai seorang perawat perlu memiliki solidaritas yang tingi dalam organisasi profesi. Melalui kegiatan ini peserta diajarkan mengenai solidaritas antar teman untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan,” ujar Nurul.
Nurul berharap kegiatan Prognosis ini mampu menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam diri masing-masing peserta. Sehingga mereka tidak serampangan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada para pasien yang ditangani.
“Kami berharap bahwa setiap perawat memiliki integritas yang tinggi dalam memberikan asuhan keperawatam. Sehingga kedepannya kita mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” pungkas Nurul.


Sementara itu Pembina Hima Prodi D3 Keperawatan, Achlish Abdillah mengatakan, materi kepemimpinan dan materi motivasi menjadi materi pokok. Karena menurutnya dalam berorganisasi tidak hanya mengandalkan kemampuan akademik saja. Tetapi menurut Achlish juga harus memiliki kemampuan dalam memimpin, kemauan, motivasi dan niatan yang baik.
“Kordinasi dan komunisasi yang baik antar sesama anggota menjadi bagian penting agar membentuk organisasi yang solid. Semua materi yang telah didapatkan nantinya dapat di terapakan ketika sudah di masyarakat,”ujar Achlish.

Selain mendapatkan materi ruang para peserta juga mengikuti outbond yang sangat menantang yang digelar di komplek wisata Tirtowono Penanggal, Lumajang. Kegiatan luar ruangan ini diharapkan mampu membangun inspirasi dan ide-ide untuk melakukan sesuatu yang di anggap sulit dan dapat memberi pelajaran untuk anggota hima dalam melatih kekompakan dan mental.