Working In Harmony Nurturing The Future
Working In Harmony Nurturing The Future

Mengapa Harus Kuliah di Universitas Jember ?

            Universitas Jember (UNEJ) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berdiri semenjak tahun 1964 di belahan timur pulau Jawa. Lahir dan berkembang di wilayah yang tersohor dengan produk pertanian dan perkebunannya, maka semangat untuk mengembangkan dan memajukan pertanian dan perkebunan menjadi visi dan misi Universitas Jember. Dalam perkembangannya, Universitas Jember menjelma menjadi perguruan tinggi terkemuka yang mengembangkan berbagai rumpun keilmuan dari rumpun ilmu pertanian, keteknikan, kesehatan hingga sosial humaniora.   

Perkembangan tersebut nampak pada keberadaan 15 fakultas dan Pascasarjana dengan 107 program studi dari jenjang diploma (D III), sarjana terapan (D IV), sarjana (S 1), magister (S 2) dan doktoral (S 3). Program studi tersebut tersebar di Kampus Jember, Kampus Bondowoso, Kampus Lumajang dan Kampus Pasuruan. Keberhasilan Universitas Jember mengembangkan diri ini terangkum dari pengakuan berbagai lembaga yang diwujudkan dalam perolehan perguruan tinggi dengan akreditasi unggul (akreditasi A) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sementara pengakuan internasional datang dari Scimago International Rangking yang menempatkan Universitas Jember di peringkat ke 13 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Penghargaan ini memberikan pengakuan kepada Universitas Jember sebagai perguruan tinggi berkualitas.

Kepercayaan juga datang dari masyarakat, terbukti saat ini Universitas Jember mendidik kurang lebih 40 ribu mahasiswa dari berbagai pelosok nusantara, bahkan dari luar negeri. Mereka diasuh oleh 1.190 tenaga dosen dan 1.364 tenaga kependidikan. Proses pendidikan dan pengasuhan bagi para calon pemimpin bangsa ini didukung penuh dengan berbagai fasilitas seperti gedung perkuliahan dengan kemampuan perkuliahan hibrida, perpustakaan terakreditasi A, laboratorium, rumah susun sewa, akses ke layanan perbankan, Universitas Jember Medical Center, fasilitas olah raga dan lainnya.

Dan kini dengan adanya Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang digelar oleh Kemendikbudristek, kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh tambahan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman di luar kampus makin terbuka lebar, termasuk mencicipi perkuliahan di luar negeri. Kehidupan mahasiswa makin semarak dengan berbagai unit  kegiatan mahasiswa dan organisasi intra kampus yang ada mulai dari bidang penalaran, rokhani, seni budaya hingga olah raga.              

Lulusan Universitas Jember hingga tahun Mei 2022 berjumlah 116.911 alumnus. Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan turut aktif membangun nusantara. Jadi tunggu apa lagi, pastikan pilihanmu mengembangkan diri dan menggapai masa depan di Universitas Jember. Universitas Jember kampus kebangsaan, kampus Pancasila. Universitas Jember, work in harmony, nurturing the future.  

Skip to content