Berita Universitas Jember

Mimpi Gendong Anak, Dapat Sepeda Motor

Jember, 18 November 2019

Keberuntungan rupanya memayungi Ibu Untung Subagio, sesuai dengan namanya. Lanjut usia (Lansia) dari Karang Werdha Kamboja I Kecamatan Rambipuji, Jember. Dirinya mendapatkan hadiah utama berupa sepeda motor Honda Beat yang disediakan oleh Bank Mandiri dalam ajang Senam Massal dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 55 Universitas Jember yang diadakan hari Minggu pagi (17/11) di lapangan upacara Kampus Tegalboto. Selain Ibu Untung Subagio, ada Amalia Fitriatus Sholeha, mahasiswa baru Fakultas Hukum yanbg meraih hadiah kedua berupa sepeda motor Honda Fit dari Bank Tabungan Negara (BTN). Sementara itu hadiah sepeda gunung dari Bank Mandiri Syariah dibawa pulang oleh Vierta Idul Adhania Irama  Sakti, staf di Bagian Akademik Universitas Jember.

“Alhamdulillah, saya nggak nyangka sama sekali jika bakal dapat sepeda motor. Tapi memang tadi malam saya bermimpi menggendong anak laki-laki, eh tahunya dapat hadiah utama ini. Terima kasih Universitas Jember,” ungkap Ibu Untung Subagio yang aktif berolahraga bersama kelompok Karang Werdha Kamboja 1. Selain menyediakan hadiah utama, panitia kegiatan Senam Massal juga membagikan beragam hadiah lainnya. Untuk diketahui, kegiatan senam massal yang melibatkan dosen, karyawan, mahasiswa dan purna tugas Universitas Jember, beserta Lansia dan warga Jember adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap peringatan dies natalis Universitas Jember. Selain bertujuan menggairahkan semangat berolahraga, kegiatan senam massal juga diharapkan dapat menjalin kebersamaan diantara keluarga besar Universitas Jember dengan warga Jember.

Kegiatan senam massal yang melibatkan Lansia dan warga Jember mendapatkan pujian dari Edi Purwinarto, Ketua Pelaksana Harian Komisi Daerah Lansia Jawa Timur yang turut hadir. “Saya sempat ragu, apa benar lima ribu Lansia Jember akan dilibatkan dalam acara Senam Massal dalam rangka Peringatan Dies Natalis ke 55 Universitas Jember. Namun pagi ini saya membuktikan bagaimana Universitas Jember benar-benar melibatkan para Lansia, bahkan tidak hanya setiap tahun tapi juga di tiap bulannya. Hal ini membuktikan Universitas Jember mendukung program Komisi Daerah Lansia Jawa Timur dalam mewujudkan Lansia yang bermutu dan berdaya,” ujarnya.

Tekad melibatkan Lansia juga diutarakan langsung oleh Rektor Universitas Jember. Menurutnya, kegiatan Senam Massal rutin tahunan dan kegiatan Komunitas Sehat setiap bulan adalah salah satu bentuk keramahan sosial Universitas Jember. “Bagi Universitas Jember, para senior menjadi salah satu sumber masukan bagi kami dalam melakukan evaluasi pada proses pengembangan Universitas Jember. Oleh karena itu saran dan masukan dari para senior tetap kami butuhkan. Semoga kerjasama ini makin berkembang di masa depan,” harap Moh. Hasan.

Kegiatan senam massal diawali dengan pengenalan Senam Agromedis, senam karya Cholis Abrori, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jember. “Senam Agromedis adalah senam yang kami siapkan bagi para petani, tujuannya agar petani terhindar dari resiko cedera saat bekerja. Walaupun senam ini diperuntukkan bagi petani, tapi tentu saja bisa dilakukan semua orang,” tutur Cholis Abrori. Untuk diketahui, Fakultas Kedokteran Universitas Jember telah mendeklarasikan diri sebagai pusat Agromedis di Indonesia. Selain Senam Agromedis, peserta juga menikmati berolahraga dengan melakukan Senam Tobelo, Senam Gemufamire, dan Senam Tongkat yang dipimpin oleh para Lansia. (iim).