Berita Universitas Jember

PERSONAL BRANDING (CITRA DIRI) Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos.,M.Si Trainer di Prashanti Training & Consulting Dosen Fisip Universitas Jember

Pada saat baru lulus dari Perguruan Tinggi, pernahkah anda merasa “gamang”
apa yang harus dilakukan? Saya akan berkarir di bidang apa? Apa sebetulnya kompetensi
saya? Dan jika saya diterima bekerja, apa saja yang harus saya persiapkan?
Pertanyaan tersebut sangat wajar, dan hal ini bisa menimpa siapa saja.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut banyak ditanyakan pada saat ini, dimana persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat, namun di sisi lain peluang untuk berkarir juga semakin luas, baik bagi kaum wanita atau laki-laki. Saya juga sering mendengar omongan orang-orang yang bergerak di bidang HRD, dan juga Direktur salah satu perusahaan, yang menyatakan….”anak sekarang jauh lebih pintar, tapi bila di wawancara, sulit sekali mencari yang match dengan kebutuhan perusahaan..” Nah, dimana letak permasalahannya?
Dari Hal diatas, maka perlu dikaji tentang Personal Branding dari individu.

Pengertian Personal Branding

Personal Branding adalah satu hal yang sangat penting, dan syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang. Apakah anda seorang pengusaha, eksekutif, karyawan, pelajar, mahasiswa, atau pejabat; perlu Personal Branding yang bagus dari diri anda. Tidak semua orang memiliki Personal Branding yang bagus. Tapi kebanyakan orang sukses pasti memiliki Personal Branding yang bagus. Personal Branding yang terpancar dari diri anda, bisa menjadi positif atau negatif tergantung bagaimana anda ingin menampilkannya. Personal Branding layaknya “aura” dari dalam diri anda. Orang akan melihat aura itu, dan mempersepsikan tentang diri anda dalam benak mereka.
Tentunya anda ingin citra positif yang ada dibenak orang, ketika mereka mempersepsikan anda. Bangunlah citra positif itu! Dalam membangun Personal Branding yang bagus, anda perlu membangun “karakter” diri anda. Dan usahakan orang lain tahu apa karakter anda itu. “Karakter” tersebut biasanya erat dengan aktifitas apa yang anda lakukan sehari-hari, profesi anda, bahkan termasuk apa yang anda pakai! Berhati-berhatilah dalam mengeluarkan “karakter” anda, karena “karakter” sangat menentukan apakah anda dipersepsikan sebagai person yang positif atau negatif. Jadilah pribadi yang menonjol. Orang-orang yang memiliki Personal Branding bagus biasanya lebih menonjol dibandingkan mereka yang tidak memiliki. Jika ingin punya Personal Branding bagus, harus eksis! Tampilkan diri anda dalam setiap kesempatan, tapi eksis dalam artian positif ya! Usahakan tak ada hal negatif dalam segala perkataan & tindakan anda; karena akan merusak “karakter” anda dalam membangun Personal Branding. Orang yang punya Personal Branding bagus biasanya punya banyak teman dan sahabat, karena itu jalinlah selalu silaturahmi dengan siapa saja. Orang yang punya Personal Branding bagus, biasanya juga cenderung “dicari” orang; baik head-hunter, klien, maupun yang sekedar sharing ilmu. Orang yang punya Personal Branding bagus, biasanya jika mengelola/punya perusahaan, maka Company Branding-nya akan ikut menjadi bagus. Orang dengan Personal Branding bagus juga harus suka “berbagi”, walau sekedar berbagi ilmu. Jangan pelit, bagikanlah hal-hal yang berguna untuk sesama! Parameter Personal Branding anda berhasil, adalah bagaimana diluar sana orang menceritakan tentang diri anda.

Apakah hal-hal yang bagus atau tidak. Dengan Personal Branding yang bagus, maka anda akan gampang mempengaruhi orang – karena orang percaya dengan anda. Ini bagus buat yang punya bisnis! Membangun Personal Branding yang bagus butuh waktu, jika anda sudah mendapatkannya maka jagalah! Jangan hancurkan reputasi anda!

Apa sih keuntungan Personal Branding?

Banyak sekali keuntungan dari Personal Branding, berikut akan Saya sebutkan beberapa contoh apa saja keuntungan dari Personal Branding:
•Mendapatkan kehormatan dari orang-orang di sekitar Anda
•Banyak orang yang senang dan terinspirasi oleh Anda
•Jika ada project yang sesuai dengan Anda, maka Anda akan mendapatkan project tersebut secara cepat dan sesuai harapan
•Jika Anda berjualan maka akan banyak yang senang dengan produk Anda

Bagaimana cara membangun Personal Branding?
Berikut akan Saya sebutkan langkah-langkah untuk membangun Personal Branding yang baik
serta berkualitas.

1. Discover
Langkah pertama ini sangatlah penting untuk mengenal dan mengetahui siapakah diri Anda. Apa yang Anda sukai atau passion sangat penting untuk Anda ketahui pada langkah pertama ini.

2. Create
Buatlah media untuk membranding diri Anda, contohnya dengan membangun blog, website atau membuat kartu nama, video profil, portofolio dan lain sebagainya. Bahkan Anda bisa saja memulai personal branding melalui media social seperti Twitter, Facebook, Path, dan lainnya. Jika Anda memiliki kartu nama maka Anda dapat memberikan kartu nama Anda kepada orang-orang yang berpotensi membutuhkan skill Anda.

3. Communicate
Komunikasikan diri Anda kepada dunia. Semakin banyak orang yang mengenali Anda maka semakin kuat juga Personal Branding yang Anda ciptakan. Anda juga harus sering berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda meskipun mereka adalah orang yang baru Anda kenal, orang-orang penting atau siapa pun juga supaya dapat memperluas jaringan Anda.

4. Maintenance
Sesuatu hal jika tidak di jaga maka akan cepat punah. Begitu pula dengan Personal Branding, jika Anda tidak ingin Personal Branding Anda cepat punah maka Anda harus mampu memelihara atau menjaga apa yang sudah Anda bangun supaya orang-orang disekitar Anda akan selalu percaya kepada diri Anda dan brand Anda.