Berita Universitas Jember

PETISI Hantarkan Mahasiswa Baru Masuki Kehidupan Kampus

Lumajang, 11 Oktober 2019

Ada banyak cara menghantarkan mahasiswa baru memasuki kehidupan kampus, yang jauh berbeda dengan masa di SMA. Seperti yang dilakukan oleh Program Studi Diploma 3 Keperawatan  Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Dalam rangka membantu kesuksesan studi dan mempersiapkan para calon-calon perawat profesional, dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menggelar banyak kegiatan bagi mahasiswa baru, dari pembentukan karakter hingga PETISI alias Penampilan Kreativitas Serta Sinergisitas yang digelar selama dua minggu.

Menurut Nurul Hayati, Ketua Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, kegiatan pembentukan karakter ini diharapkan mampu membantu mahasiswa baru melewati masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa. “Masuk ke lingkungan baru khususnya belajar di perguruan tinggi tentu saja membutuhkan proses. Apalagi di Program Studi Keperawatan yang memiliki paradigma yang beda dengan program studi lain. Seorang perawat harus memiliki keterampilan intelektual, keterampilan psikomotor, dan keterampilan interpersonal untuk menjadi perawat yang tangguh teruji ketangkasannya serta kompeten. Oleh karena itu kegiatan Program Penerimaan Mahasiswa Baru di sini disusun sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik profesi perawat,” ujarnya.

Kegiatan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) yang dilakukan melibatkan dosen, dan pengurus Hima, diikuti oleh 111 mahasiswa baru. Para senior ini bertugas menjadi pembimbing dan penegak disiplin bagi adik kelasnya. Menurut Aliffia Nuriya Maulina, salah satu anggota panitia dan koordinator penegak disiplin, tugas mereka diantaranya membantu, membimbing, dan memantau pengembangan karakter mahasiswa baru dengan memberikan penugasan-penugasan dan sanksi apabila mereka melanggar aturan yang sudah disepakati bersama.

Setiap harinya, mahasiswa baru diwajibkan datang ke kampus pukul 06.00 WIB dan menunggu di gerbang masuk sampai pukul 7.00 WIB sembari menunggu semua anggota kelompok lengkap. Setelah semua anggota kelompok datang, peserta diperkenankan masuk oleh penegak disiplin dan dibariskan di halaman untuk mengumpulkan semua penugasan yang sebelumnya telah diberikan dan harus dikerjakan bersama di basecamp tiap kelompok. Usai mengumpulkan penugasan, tiap kelompok dipersilakan memasuki salah satu ruangan, di ruangan tersebut tiap kelompok diminta menjelaskan peta konsep dari penugasan mereka dan menyanyikan yel-yel angkatan, yel-yel kelompok serta salah satu mars yaitu mars Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). “Jam 7.00 WIB tepat, peserta diperkenankan masuk kelas dan para penegak disiplin akan meminta salah satu peserta untuk memimpin rekan-rekannya sarapan kemudian akan ada evaluasi tiap pagi, siang dan sebelum pulang oleh kakak-kakak penegak disiplin. Seperti itulah gambaran kegiatan PPMB selama empat minggu,” tutur Allifia.

Rangkaian kegiatan PPMB ditutup dengan kegiatan out bond yang dilaksanakan hari Minggu, tanggal 6 Oktober 2019 di Lapangan Minak Koncar Lumajang. Kegiatan ini diisi games yang bertujuan untuk mengasah ketangkasan dan kekompakan setiap kelompok, yang diakhiri dengan Penampilan Kreativitas Serta Sinergisitas (PETISI). Dalam PETISI ini setiap kelompok berlomba menampilkan bakat dan kreativitas mereka. Tidak hanya mahasiswa baru, para mahasiswa senior juga turut menunjukkan bakat dan kreativitasnya, total ada 10 penampilan siang itu. Acara makin meriah dengan pengumuman predikat kakak “Ter” dan peserta “Ter” oleh panitia PPMB. Di akhir acara, seluruh mahasiswa baru bergabung dengan seniornya untuk menari bersama diiringi lagu Selamat Ulang Tahun dari Jamrud, semarak Panitia dan penonton pun turut larut dalam suasana tersebut dan ikut menari bersama para peserta PPMB. Sungguh penampilan yang menarik! (tim UNEJ Lumajang)