Biro Perencanaan Kerjasama dan Humas - Pokja Perencanaan Kerjasama Informasi dan Humas

Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran (EPPA)

Layanan

Monitoring

Monitoring merupakan kegiatan untuk mengetahui apakah program kegiatan yang  dibuat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya sesuai dengan perencanaan  dan indikator keluaran, adakah hambatan yang terjadi dan bagaimana para  pelaksana program kegiatan mampu mengatasi hambatan.

Evaluasi

Evaluasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan monitoring  karena informasi yang dihasilkan dari kegiatan monitoring dijadikan dasar untuk  menilai pelaksanaan kegiatan. Evaluasi diarahkan untuk mengukur capaian dan mengontrol arah pelaksanaan kegiatan.

Capaian Output

Capaian Output merupakan salah satu ukuran untuk menilai bagaimana setiap anggaran yang dikelola dipertanggungjawabkan. Sebagai bentuk dari transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara, dibutuhkan data dan informasi yang reliabel untuk mengukur perkembangan output belanja.

Tentang Kami

Evaluasi Pelaksanan Program dan Anggaran merupakan subbidang di bawah Biro III, Pokja Perencanaan KerjasamaInformasi dan Humas, yang mempunyai tugas melakukan Monitoring serta Evaluasi terhadap program, kegiatan, dan anggaran Universitas Jember.

Tugas Pokok dan Fungsi

Wakil Koordinator EPPA

Staf Tendik / ASN

Staf Tendik / Kontrak

Capaian output, Penyerapan Anggaran, Efisiensi dan Konsistensi Serapan terhadap Perencanaan di aplikasi SIMPROKA (SPASIKITA), Dokumen LAKIN dan Hasil Evaluasi Kinerja SAKIP:

  1. Realisasi Fisik /Capaian Output perkomponen

  2. Monitoring dan Evaluasi Serapan Anggaran

  3. Efisiensi Anggaran

  4. Konsistensi Serapan terhadap Perencanaan 

  5. Evaluasi Kepatuhan terhadap regulasi

  6. Penyusunan dan Pelaporan LAKIN

  7. Evaluasi SAKIP

Pengelola data:

  1. Realisasi Fisik

  2. Kompilasi Data Realisasi Fisik

  3. Kompilasi Data Realisasi Anggaran

  4. Instrumen Monitoring dan Evaluasi

  5. Pengukuran efisiensi dari Hal III DIPA dan Realisasi Riil (SIMKEU)

  6. Monitoring Konsistensi serapan dari Hal III DIPA/SAKTI dan Realisasi Riil (SIMKEU) (Deviasi)

  7. Rekomendasi hasil evaluasi dengan dasar hukum PMK 22/21 dan PER-7/2021

Pengadministrasi Anggaran:

  1. Instrumen Monitoring dan Evaluasi

  2. Mengirimkan Surat Permohonan Data

  3. Laporan Evaluasi berkala

  4. Administrasi surat menyurat

  5. Dokumentasi dan klasifikasi surat

  6. Dokumentasi dan klasifikasi surat

Pengadministrasi Umum:

  1. Memproses dan Menata Arsip Surat Masuk dan Surat Keluar , sesuai dengan prosedur untuk tertib administrasi

  2. Menyusun instrumen pengumpulan dan pengolahan data pelaksanaan rencana, program, dan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan jenis data

  3. Mengevaluasi data hasil pelaksanaan program, dan anggaran untuk mengetahui inti permasalahan

  4. Mengidentifikasi masalah hasil pelaksanaan program, dan anggaran sesuai dengan hasil evaluasi (Kendala/Hambatan dan Rekomendasi)

  5. Menyusun konsep saran pemecahan masalah hasil pelaksanaan rencana, program, dan anggaran (Rekomendasi sesuai peraturan yang berlaku)

  6. Menyusun konsep laporan hasil pelaksanaan program, dan anggaran (Laporan Triwulan, Semester, dan Tahunan)

  7. Menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan rencana, program, dan anggaran dalam rangka pembinaan lebih lanjut

  8. Melaksanaan penyimpanan dokumen dan surat di bidang evaluasi pelaksanaan program dan anggaran

  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas

  10. Mereviu pemantauan, evaluasi, dan analisis laporan progres pengadaan barang dan jasa (bulanan/triwulan/semester/tahunan)

  11. Mereviu pemantauan, evaluasi, dan analisis laporan aplikasi SIMKEU, OMSPAN, SIMPROKA dan MOLK

  12. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dan menyusun laporan subbagian dan konsep laporan bagian sebagai bahan pertanggungjawaban kepada atasan

  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Program Kerja

Capaian Output

Capaian Output

Capaian Output 

Laporan Triwulan

Laporan Triwulan

Laporan Triwulan

Personil Kami

Wakil Koordinator

Herliana Irmawati, SE.

Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

Staf Tendik / ASN

Novita Diana Sari, SE.

Pengolah Data

Staf Tendik / ASN

Budi Prihanto, S.Sos.

Pengolah Data

Staf Tendik / ASN

Nur Shilvana Septiyan, SE.

Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

Staf Tendik / Kontrak

Andi Nurcahyono, A.Md.

Pengadministrasi Umum

Staf Tendik / Kontrak

Jati Aninka, S.Si.

Pengadministrasi Umum

Skip to content