Berita Universitas Jember

Puasa, Diklat Ketakwaan dan Kedermawanan

Jember, 7 Mei 2022
Puasa Ramadan selama sebulan penuh telah berlalu, jutaan ummat muslim sedunia menyambut gembira datangnya bulan Syawal. Kegembiraan dan rasa syukur juga tampak diperlihatkan keluarga besar Universitas Jember termasuk Rektor dan Wakil Rektor beserta warga sekitar Kampus Tegalboto yang turut melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid Al Hikmah (2/5). Tampil sebagai imam sholat id sekaligus khotib, ketua takmir masjid Al Hikmah, Anwar, yang dalam khutbahnya menyampaikan jika hakikatnya puasa yang sudah kita lalui adalah pendidikan dan pelatihan (diklat) membentuk ketakwaan dan kedermawanan.

“Puasa yang sudah kita lakukan adalah salah satu bentuk diklat bagi manusia beriman untuk membentuk ketakwaan melalui ujian kesabaran. Yakni sabar dalam ketaatan menjalankan semua perintah-Nya seperti mendirikan sholat tarawih, berzakat dan bentuk-bentuk ibadah lainnya. Kedua, kita dilatih sabar dalam menghindari perbuatan maksiat. Jika yang halal saja mampu tidak kita lakukan, apalagi yang jelas-jelas maksiat. Dan yang ketiga, puasa membentuk kita agar sabar dalam mengasah kepekaan terhadap penderitaan dan musibah yang menimpa sesama manusia,” jelas Anwar.

Pelajaran berikutnya dari puasa adalah membentuk pribadi-pribadi yang dermawan melalui kewajiban zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal. Menurut dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini, jika potensi zakat dikelola dengan baik akan menjadi daya ungkit sosial ekonomi yang luar biasa. Zakat menurutnya bisa menjadi instrumen untuk mengikis berbagai masalah seperti kemiskinan yang masih menimpa banyak orang di sekitar kita.


“Jadi, puasa adalah diklat yang membentuk kebugaran fisik kita sebab sudah banyak penelitian yang membuktikan dengan berpuasa maka kita akan sehat. Puasa juga adalah perbaikan mental sebab kita dididik menjadi orang-orang yang sabar dan peka terhadap penderitaan orang lain. Dan yang pasti puasa menjadikan daya spiritualitas kita meningkat dengan serangkaian ibadah di dalamnya yang hanya untuk Allah SWT semata,” imbuh Anwar. Sholat Idul Fitri di masjid Al hikmah dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Seusai rangkaian ibadah sholat id, Rektor Iwan Taruna beserta Wakil Rektor I, prof. Slamin dan Wakil Rektor III, Prof. Bambang Kuswandi menyempatkan diri saling bermaaf-maafan dengan jamaah yang hadir di Masjid Al Hikmah. “Saya mewakili segenap keluarga besar Universitas Jember menyampaikan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh dosen, karyawan, mahasiswa serta seluruh mitra Universitas Jember. Semoga diklat selama puasa bisa kita teruskan di bulan-bulan selanjutnya,” tutur Iwan Taruna. (iim)

Untuk publikasi konten dan media, silahkan menghubungi humas@unej.ac.id