• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

Where the News Comes First

Rektor Universitas Jember : Kampus Bukan Sarang Teroris

Jember, 7 Juni 2018

Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember menegaskan bahwa kampus bukanlah sarang teroris. Pernyataan ini disampaikan oleh Moh. Hasan dalam kesempatan buka puasa bersama Universitas Jember dengan para mitra kerja, sekaligus koordinasi persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQ-M) Regional Jawa Timur 2018, di aula lantai 2 gedung Rektorat (6/6). Menurut Moh. Hasan, aktivitas di kampus hanyalah sebagian kecil dari seluruh rangkaian kehidupan mahasiswa, sementara sebagian besar aktivitas lainnya justru ada di luar kampus. Oleh karena itu Rektor Universitas Jember tidak setuju jika kampus dikatakan sebagai sarang teroris.

“Tetapi kami sadar jika mahasiswa memang menjadi salah satu target dari kalangan tertentu dengan paham radikalnya, pasalnya banyak mahasiswa yang pengetahuan agamanya terbatas, apalagi masa menjadi mahasiswa juga adalah masa mencari jati diri,” tutur Moh. Hasan di hadapan para mitra kerja Universitas Jember diantaranya dari perbankan, PT. Telkom, PTPN X, dan lainnya, termasuk dari kalangan internal kampus Tegalboto. “Untuk mengikis paham radikalisme itu, Universitas Jember berusaha memfasilitasi berbagai kegiatan mahasiswa, baik dalam kerangka tri dharma pendidikan tinggi, maupun kegiatan lainnya termasuk kegiatan kerohanian. Saya sudah sampaikan kepada segenap jajaran pimpinan Universitas Jember agar memperhatikan dan mengarahkan kegiatan kerohanian yang ada di masing-masing fakultas dan di tingkat universitas,” lanjut Rektor Universitas Jember.

Untuk itu Moh. Hasan bertekad menjadikan kegiatan MTQ-M Regional Jawa Timur sebagai wahana untuk mengikis radikalisme, selain tentunya untuk memperdalam pemahaman akan Al Qur’an dikalangan mahasiswa. “MTQ-M adalah salah satu bentuk aktualisasi diri bagi mahasiswa, bahwa generasi muda muslim Indonesia memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional sekaligus kecerdasan spiritual,” katanya lagi. Kegiatan buka puasa bersama dengan mitra kerja Universitas Jember yang merupakan kegiatan rutin menjadi istimewa sebab diisi dengan pemaparan mengenai persiapan Universitas Jember sebagai shohibul hajat MTQ-M Regional Jawa Timur , yang disampaikan langsung oleh Rektor dan Wakil Rektor I.

Sementara itu Zulfikar, Wakil Rekor I Universitas Jember menambahkan hingga tanggal 5 Juni 2018 sudah ada 22 PTN/PTS/PTKIN dan PTKIS yang telah mendaftarkan diri dalam ajang MTQ-M Regional Jawa Timur. “Kami menargetkan akan ada 50 perguruan tinggi yang bakal berpartisipasi dengan jumlah peserta sekitar 800 orang mahasiswa. Untuk itu kami terus berbenah menyiapkan semua keperluan agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada semua kafilah, kami berharap sukses penyelenggaraan dan sekaligus sukses prestasi,” ujar Zulfikar. Tema yang diusung dalam MTQ-M Regional Jawa Timur tahun 2018 kali ini adalah Melalui MTQ Mahasiswa Regional Jatim V, Membumikan Al Quran, untuk meningkatkan spiritualitas dan intelektualitas dalam Menggapai Islam rahmatallilalamin.

Pendaftaran MTQ-M Regional Jawa Timur 2018 sendiri telah dibuka semenjak tanggal 21 Mei lalu, dan ditutup pada 21 Juni 2018 nanti. Sementara pendaftaran nama-nama peserta untuk masing-masing bidang musabaqah yang akan diikuti dilaksanakan mulai tanggal 21 Mei hingga 10 Juli 2018. Mahasiswa yang berminat untuk berpartisipasi dapat mendaftarkan diri melalui perguruan tinggi masing-masing, untuk kemudian didaftarkan secara kolektif melalui pendaftaran online melalui laman https://mtqmrv2018.unej.ac.id (iim)