Berita Universitas Jember

Rektor Universitas Jember Lantik 7.930 Mahasiswa Baru

Jember, 14 September2020

Rektor Universitas Jember secara resmi melantik 7.930 mahasiswa baru angkatan tahun 2020 secara daring yang dipusatkan di Gedung Soetardjo (14/9). Dalam upacara ini Rektor secara simbolis melantik lima belas mahasiswa baru yang merupakan wakil dari tiap fakultas yang ada.  Para mahasiswa baru Universitas Jember ini terdiri dari 7.131 mahasiswa jenjang sarjana (S-1) dan 799 mahasiswa jenjang diploma (D-3) yang tersebar di empat kampus. Mereka ada di Kampus Tegalboto di Jember, Kampus Bondowoso sebanyak 407 orang, Kampus Lumajang sebanyak 134 orang dan Kampus Pasuruan sejumlah 112 orang. Untuk diketahui, khusus di Kampus Lumajang dan Pasuruan untuk saat ini hanya membuka Program Studi Diploma Keperawatan.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember meminta agar mahasiswa baru Universitas Jember bersiap menyambut Program Merdeka Belajar melalui Kampus Merdeka yang sudah dicanangkan oleh Kemendikbud. “Anda semua adalah mahasiswa generasi pertama yang akan merasakan program Merdeka Belajar melalui Kampus Merdeka. Nantinya Anda akan memperoleh kesempatan belajar di luar Universitas Jember dalam bentuk magang, pertukaran mahasiswa, ikut proyek kemanusiaan hingga berwirausaha di semester enam hingga delapan. Namun sebelum sampai ke tahapan tadi, maka hendaknya  membekali diri dengan ilmu sesuai disiplin ilmu masing-masing dan mencari bekal soft skill sebanyak-banyaknya di kampus,” ujar Iwan Taruna.

Iwan Taruna juga mengingatkan segenap mahasiswa baru agar selalu bersyukur sebab di tengah pandemi Covid-19 masih mendapatkan kesempatan menuntut ilmu di bangku perguruan tinggi. “Dari data dari bagian Akademik Universitas Jember, ada 75.286 peserta yang mendaftarkan diri ke Universitas Jember melalui berbagai jalur, namun hanya 7.930 yang kita terima. Oleh karena itu Anda semua patut berbangga dan bersyukur mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi setelah melalui saringan ketat. Rasa syukur ini ditunjukkan dengan giat belajar, mandiri, kreatif, kritis. Jadilah mahasiswa toleran yang berakhlakul karimah, yang cinta kebhinekaan Indonesia,” pesan Rektor Universitas Jember.

Sementara itu dalam laporannya, Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni menjelaskan selain menerima mahasiswa baru dari jalur reguler, Universitas Jember juga menerima sembilan orang mahasiswa baru dari jalur Afirmasi Pendidikan Papua, dan daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar Indonesia (3T). Selain itu Universitas Jember juga menyalurkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP Kuliah) atau yang dulu dikenal sebagai beasiswa Bidikmisi kepada 1.630 mahasiswa angkatan 2020. “Selanjutnya mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus mulai hari ini hingga 18 September nanti. Namun mengingat masih di masa pandemi Covid-19, maka dilaksanakan dengan cara daring,” ungkap Zulfikar.

Berikut jumlah mahasiswa baru tahun 2020 Universitas Jember di setiap fakultas ;

No F a k u l t a s J u m l a h
1. Hukum 381
2. Ilmu Sosial Ilmu Politik 929
3. Pertanian 611
4. Ekonomi dan Bisnis 974
5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1.536
6. Ilmu Budaya 389
7. Teknologi Pertanian 346
8. Kedokteran Gigi 145
9. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 351
10. Kedokteran 156
11. Kesehatan Masyarakat 250
12. Teknik 934
13. Farmasi 154
14. Keperawatan 435
15. Ilmu Komputer 339

Keterangan ;

  1. Jumlah di atas meliputi jumlah mahasiswa baru jenjang S-1 dan Diploma.
  2. Jumlah di atas meliputi mahasiswa baru di Kampus Jember, Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan.

(iim)

Untuk publikasi konten dan media, silahkan menghubungi humas@unej.ac.id