Berita Universitas Jember

Rektor Universitas Jember Lantik Dekan Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Farmasi

Jember, 2 Maret 2021
Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna melantik dan mengambil sumpah Dr. Bambang Marhaenanto, M.Eng., sebagai Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Dr. Nuri, SSi., Apt., MSi., sebagai Dekan Fakultas Farmasi periode 2021 – 2025. Pelantikan berlangsung secara luring terbatas dan daring di aula lantai III gedung dr. R. Achmad Universitas Jember (1/3). Dalam sambutan pelantikannya, Iwan Taruna mengingatkan para pejabat baru untuk segera beradaptasi dengan posisi baru, menjalin sinergi dengan semua pihak agar mampu menjalankan semua program yang sudah direncanakan. Apalagi Universitas Jember kini sudah memasuki era Badan Layanan Umum (BLU).


“Kita wajib melaksanakan continuous quality improvement atau perbaikan mutu yang berkesinambungan, caranya dengan melanjutkan apa yang sudah baik dan meningkatkannya. Ini cara agar Universitas Jember menjadi perguruan tinggi ternama. Lebih lagi saat kita memasuki era BLU, dimana kinerja kita diawasi dan dinilai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan tugas dan fungsi kita sebagai penyedia layanan pendidikan tinggi. Kedua, Universitas Jember diawasi dan dinilai oleh Kementerian Keuangan sebagai BLU. Oleh karena itu mari kita bekerja keras dan bersinergi dengan semua pihak,” pesan Rektor Universitas Jember.
Iwan Taruna juga memaparkan bahwa di era new normal menghadapi pandemi Covid-19 maka semua pihak diharapkan terus berdisiplin untuk menerapkan langkah 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. “Hari ini vaksinasi bagi warga Universitas Jember sudah dimulai secara bertahap, walaupun sudah ada vaksin namun saya menghimbau semua warga Universitas Jember untuk tetap taat menerapkan gerakan 5 M. Harapannya, semester gasal tahun akademik 2021-2022 perkuliahan tatap muka secara bertahap bisa kita mulai,” paparnya.


Di akhir sambutannya, Rektor Universitas Jember mengingatkan kembali bahwa pada hakikatnya jabatan sebagai dekan adalah tugas tambahan. Tugas utama sebagai dosen adalah sebagai pendidik, peneliti dan aktif melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang muaranya adalah jabatan guru besar. “Maka siapapun yang menjabat hendaknya selalu menjalankan visi dan misi Universitas Jember yang sudah ditetapkan. Agar cita-cita turut mengharumkan nama bangsa di mata dunia melalui kegiatan akademis dapat tercapai seperti motto kita, Karya Rinaras Ambuka Budhi, Gapura Mangesti Aruming Bhawana,” pungkas Iwan Taruna sembari tak lupa menyampaikan terima kasih kepada para pejabat lama.


Sebagai informasi tambahan, Dr. Bambang Marhaenanto, M.Eng menggantikan Dr. Siswoyo Sukarno sebagai Dekan FTP. Sementara Dr. Nuri, SSi, Apt. MSi menggantikan Lestyo Wulandari, SSi., Apt., MSi sebagai Dekan Fakultas Farmasi. Turut hadir dalam acara pelantikan secara luring terbatas di aula lantai III gedung rektorat adalah para wakil rektor, kepala biro dan ketua Satuan pengawasan Internal di Universitas Jember. (iim)