Berita Universitas Jember

Satuan Menwa 807 Universitas Jember Gelar Bintaljas

Jember, 10 Januari 2020

Guna mempersiapkan mahasiswa menjadi calon anggota Satuan Resimen Mahasiswa yang tangguh, Satuan Resimen Mahasiswa (Sat Menwa) 807 Universitas Jember menggelar kegiatan Pembinaan Mental dan Jasmani (Bintaljas). Kegiatan ini bertujuan mengenalkan mahasiswa Universitas Jember kepada organisasi Sat Menwa, membantu proses adaptasi bagi anggota baru, serta memberikan bekal ilmu dan ketrampilan dasar bagi anggota Sat Menwa. Kegiatan Bintaljas yang tahun ini merupakan angkatan ke-70 dan dibuka secara resmi oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, di stadion Universitas Jember (10/1).

Menurut Moh. Alif Dio Utomo, Komandan Satuan Tugas Bintaljas angkatan ke-70 Sat Menwa 807, kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 15 Januari 2020 nanti. “Bintaljas kali ini diikuti oleh enam orang mahasiswa Universitas Jember. Adapun materi yang akan diberikan meliputi sejarah Sat Menwa 807, Tugas Pokok dan Fungsi Menwa, Peran Menwa Dalam Perlindungan Masyarakat, Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas dan materi lainnya,” ujar Moh. Alif dalam laporannya. Selain materi di dalam kelas, para peserta Bintaljas juga bakal mendapatkan materi lapangan yang terkait peran Menwa sebagai komponen cadangan TNI semisal Teknik Dasar Pertempuran, survival, navigasi darat, pengenalan senjata, pengetahuan SAR dan lainnya.

“Untuk menyukseskan kegiatan Bintaljas ini kami menggandeng beberapa institusi sebagai pemateri diantaranya pemateri dari Sekolah Calon Bintara Rindam V Brawijaya, Kodim 0824 Jember, Polres Jember serta pemateri dari kalangan internal yang akan memberikan materi mengenai komunikasi efektif, kepemimpinan, organisasi kemahasiswaan dan lainnya,” imbuh Moh. Alif Dio Utomo lagi. Selain dilaksanakan di Kampus Tegalboto, para peserta juga akan melaksanakan praktek di Secaba Rindam V Brawijaya.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Zulfikar, mengapresiasi kiprah Sat Menwa 807 yang selalu berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan di Universitas Jember. “Sat Menwa 807 telah membuktikan menjadi garda terdepan dalam bidang bela negara dan pemahaman akan wawasan kebangsaan di Kampus Tegalboto. Oleh karena itu saya berharap kegiatan Bintaljas kali ini menghasilkan para anggota Sat Menwa 807 yang setia terhadap NKRI dan selalu menjadi teladan bagi sesama mahasiswa,” pungkas Zulfikar. Kegiatan pembukaan Bintaljas Sat Menwa 807 ke-70 dihadiri oleh perwakilan dari Kodim 0824, Secaba, Polres, alumni Sat Menwa 807, dan undangan lainnya. (iim)