Berita Universitas Jember

Sempat Ragu, Khusnun Akhirnya Juara 3 Pustakawan Berprestasi Nasional 2019

Jember, 7 November 2019
Khusnun Nadifah Pustakawan Uniuversitas Jember berhasil meraih juara 3 dalam ajang Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional 2019. Khusnus berhasil menyisihkan puluhan Pustakawan lain dari seluruh Indonesia.
“Sebetulnya saya sempat pesimis karena untuk seleksi tingkat Propinsi saja saya hanya menjadi juara harapan satu. Alhamdulillah pimpinan saya memberikan motivasi agar saya bisa terus maju ketingkat nasional dan Alhamdulillah juara 3,” ujar Khusnun saat ditemui di ruang kerjanya di Perpustakaan Universitas Jember, (7/11).
Menurut Khusnun, selama tiga bulan lebih dirinya harus bekerja keras untuk mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan. Selain mempersiapkan berkas, Khusnun juga tidak canggung untuk bertanya ataupun konsultasi pada Pustakawan yang dia anggap senior.

“Sebetulnya saya kurang percaya diri untuk ikut serta dalam ajang yang sangat bergengsi bagi para Pustakawan ini. Karena harus mempersiapkan berkas yang sangat banyak dan juga dituntut agar bisa mempresentasikan berkas yang sudah saya kirimkan. Oleh karena itu saya konsultasi pada teman-teman pustakawan lain, meminta saran dari senior dan pimpinan,” imbuh Khusnun.
Kesibukan sebagai Pustakawan dan ibu dari 3 anak rupanya tidak membuat Khusnun patah arang. Dengan penuh kesaran Khusnus melakukan proses pengumpulan berkas dan kemudian disimpan dalam bentuk digital.
“Jadi semua berkas yang saya miliki dan diminta oleh panitia saya kumpulkan. Kemudian saya scan dan diupload ke borang pendaftaran. Sering kali data yang saya upload ukurannya terlalu besar sehingga gagal dan saya harus mulai lagi dari awal. Sungguh melelahkan,” jelas Khusnun.

Khusnun mengaku sempat ragu untuk melanjutkan proses pendaftaran yang sudah dia lakukan. Pasalnya, pada waktu itu Ibu dan Ibu Mertuanya sedang dalam kondisi sakit. Sehingga Khusnun mengaku sangat kesulitan dalam membagi waktu.
“Beruntung saya berada dalam lingkungan yang baik. Sehingga teman-teman kantor maupun pimpinan selalu memberikan saya motivasi agar tetap bersemangat. Saya pun mengatur jadwal kapan saya harus scan dan kapan saya harus upload berkas yang sudah saya scan,” jelas ibu dari 3 anak ini.
Khusnun berharap apa yang telah dia raih dapat memberikan motivasi kepada para Pustakawan lain untuk terus bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dia juga mengajak agar para Pustawakan Universitas Jember tidak takut untuk mengikuti kompetisi-kompetisi baik tingkat regional maupun nasional.
“Saya sendiri tidak menyangka akan meraih juara 3 nasional mengingat ditingkat Propinsi saja saya hanya harapan 1. Tetapi Alhamdulillah berkat kerja keras, usaha dan doa serta dukungan dari teman-teman dan pimpinan saya berhasil meraih juara 3. Ini sangat istimewa sekali bagi saya,” pungkasnya.