Berita Universitas Jember

Siapkan ASN Profesional, Universitas Jember Bekali Dosen Muda Dengan Pengetahuan Dasar PKTBT

Jember, 12 Maret 2020

Saat ini, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bagian dari aparatur negara dituntut profesional dan berorientasi melayani, termasuk para dosen. Pembentukan ASN yang profesional dan berorientasi melayani ini salah satunya diwujudkan dalam kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) atau yang dahulu dikenal sebagai Pra Jabatan. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan para dosen muda menghadapi Latsar  CPNS, Universitas Jember berinisiatif membekali para dosen muda berstatus CPNS dengan pengetahuan dasar Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) yang menjadi salah satu materi dalam Latsar CPNS.

Kegiatan pembekalan pengetahuan dasar PKTBT dilakukan di aula lantai 3 gedung rektorat dr. Achmad (12/3). Bertindak sebagai pemateri Rektor bersama wakil Rektor II Universitas Jember. Dalam arahannya, Rektor Universitas Jember meminta seluruh dosen CPNS untuk menegaskan kembali kesetiaan kepada NKRI dan kesediaan menjadi abdi negara. Kedua, para dosen muda harus menghayati tugas utama ASN dosen di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang tersurat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dalam tiga tugas utama tersebut ada unsur melayani, yakni melayani mahasiswa di bidang pengajaran, serta melayani kepentingan bangsa, negara dan masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sementara bentuk keprofesionalan diwujudkan salah satunya dengan terus meningkatkan kemampuan diri, misalnya dosen harus studi lanjut doktoral dan tidak lantas puas dengan gelar magister yang didapat,” tutur Iwan Taruna di hadapan 118 dosen muda dari berbagai fakultas yang diterima tahun 2018.

Sementara itu materi teknis terkait Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) disampaikan oleh Wachju Subchan, Wakil Rektor II Universitas. Materi yang diberikan meliputi kemampuan menyusun rencana strategis, pengetahuan organisasi dan tata kerja Kemendikbud, uraian tugas jabatan, tata kelola teknologi informasi dan komunikasi di PTN, sistem pembelajaran jarak jauh dan materi lainnya. “Materi PKTBT akan diberikan selama Latsar CPNS selain materi mengenai sikap dan Perilaku Bela Negara, Nilai-nilai Dasar ASN yang  meliputi Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi, serta materi Peran dan Kedudukan ASN dalam NKRI,” jelasnya.

Selanjutnya, direncanakan 78 CPNS dosen Universitas Jember akan menjalani Latsar CPNS gelombang  pertama di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur di Surabaya, pada bulan April 2020 nanti. Para dosen muda ini akan menjalani Latsar CPNS  selama dua puluh hari. Sementara itu 40 orang CPNS dosen akan mengikuti Latsar CPNS gelombang kedua yang waktunya akan ditentukan oleh Kemendikbud. (del/iim)