Berita Universitas Jember

Studi Ekskursi e-arsip Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)  

Kepala Sub Direktorat Pusat III  ANRI Jakarta Dra. Sulistyowati, M.Si  beserta rombongan yang berjumlah 15 orang berkunjung ke Universitas Jember pada tanggal 29-31 Oktober 2019 dalam rangka kegiatan Studi Ekskursi e-Arsip Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).  Rombongan tiba di Universitas Jember diterima oleh Drs. Zulfikar, Ph.D. Wakil Rektor I Universitas Jember , Drs. Sudarko, Ph.D. Kepala UPT Teknologi Informasi Universitas Jember dan Trayo Sasti Hardiani, S.E. Kepala UPT Kearsipan Universitas Jember.   Dalam kunjungannya di Universitas Jember  Dra. Sulistyowati, M.Si menilai bahwa SIKD di Universitas Jember berjalan dengan baik. Universitas Jember mampu menjadi pilot project  bagi perguruan tinggi negeri yang lain, sehingga ANRI memberikan rekomendasi kepada perguruan tinggi lain untuk belajar kepada Universitas Jember.

Rombongan ANRI menghadiri acara monitoring dan evaluasi penggunaan  aplikasi SIKD-TIK yang dibuka oleh Drs. Zulfikar, Ph.D. Selain itu pengenalan aplikasi Kawanda yang terintegrasi dengan Aplikasi SIKD-TIK di dalam SISTER Universitas Jember yang disampaikan oleh Drs. Sudarko, Ph.D . kepala UPT Teknologi Informasi Universitas Jember. Di Universitas Jember saat ini akan  dilaksanakan transformasi dalam hal penulisan draft surat yang semula pengkonsepan surat menggunakan cara manual menggunakan  kertas akan dilakukan langsung melalui media elektronik yaitu aplikasi Kawanda. Aplikasi Kawanda adalah aplikasi e-office berbasis nextcloud yang memudahkan user untuk mengakses, menyinkronkan dan berbagi file pada perangkat apapun yang dilengkapi dengan fasilitas komunikasi dan kolaborasi misalnya dalam hal pengeditan dokumen secara oline dan audio/video call. Dengan menggunakan Kawanda unsur pimpinan dapat langsung merevisi surat di media elektronik sehingga tidak membutuhkan banyak kertas dalam pembuatan sebuah surat seperti yang terjadi selama ini.

Dra. Sulistyawati, M.Si. mengatakan bahwa Universitas Jember sudah layak menerima aplikasi SIKD-TIK versi terbaru tahun 2019. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kabag, Kasubbag. Umum dan 25 operator SIKD-TIK dari unit kerja di lingkungan Universitas Jember, banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta terkait kendala-kendala yang ditemukan saat menggunakan SIKD-TIK. Acara evaluasi dan monitoring SIKD-TIK oleh ANRI Jakarta ditutup oleh  Drs. Agus Maryono, S.H. Kepala Biro Umum, Keuangan dan Kepegawaian Universitas Jember dengan ucapan terimakasih kepada pihak ANRI Jakarta yang telah memfasilitasi Universitas Jember dalam mengoperasikan SIKD-TIK dan berkenan untuk memberikan versi terbaru tahun 2019