Berita Universitas Jember

Sukseskan MBKM FISIP Rangkul Banyak Kampus

Jember, 4 Juni 2021
Dalam upaya mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember rangkul beberapa kampus lain dalam sebuah perjanjian kerjasama. Hari ini (4/6) FISIP Universitas Jember melakukan penandatanganan kerjasama dengan FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).


Sebelumnya FISIP Universitas Jember juga melakukan penandatangan kerjasama dengan FISIP Universitas Andalas dan FISIP Universitas Mulawarman.
“Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM ini menuntut perguruan tinggi berkolaborasi dengan perguruan tinggi lain dalam melaksanakan Tridharma. Karena implementasi dari MBKM tidak bisa dilakukan secara mandiri,” ujar Djoko Poernomo Dekan FISIP Universitas Jember saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan kerjasama dengan UMRAH yang dilakukan secara daring.Menurut Djoko, pada era MBKM ini perguruan tinggi wajib memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Implementasi dari hal itu dapat berupa pertukaran mahasiswa ataupun magang di dunia industri.
“Kerjasama ini dalam rangka menyiapkan untuk mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa. Mudah-mudahan semester depan pertukaran mahasiswa ini sudah bisa dilakukan agar implementasi program MBKM bisa segera terlaksana,” imbuh Djoko.
Sementara itu, Oksep Adhayanto Dekan FISIP UMRAH mengaku bersyukur dapat menjalin kerjasama dengan FISIP Universitas Jember. Karena menurut Oksep, sebagai Fakultas yang tergolong baru FISIP UMRAH perlu belajar banyak pada FISIP Universitas Jember.
“Kami tergolong masih muda karena secara resmi baru berdiri pada tahun 2008. Tentu usia kami sangat jauh jika dibandingkan dengan FISIP Universitas Jember. masih belum banyak makan asam garam,” ujar Oksep. [moon]