Berita Universitas Jember

Tim Mahabirawa Raih Bronze Award

Jember, 18 Oktober 2019
Tim Mahabirawa Fakultas Teknik Universitas Jember berhasil meraih juara III dalam kejuaraan UTM Bridge Model Competition 2019 untuk kategori The Most Creative Booth, Malaysia (25/9). Dengan mengusung tema Gatotkaca tim yang terdiri dari Yoga Tilang, Afrida, Adytia dan Janed ini berhasil menarik perhatian dewan juri.
Yoga mengaku bangga atas perolehan juara timnya. Karena menurutnya, jerih payah selama 3 minggu dalam menyiapkan miniatur jembatan yang kokoh terbayar sudah.
“Tema jembatan kami adalah Gatotkaca. Jembatan yang kuat, kokoh namun tetap memiliki nilai keindahan saat dipandang. Bentuk landasan jalan pada jembatan dibentuk setengah lingkaran seperti bentuk busur kunta wijaya yang dipakai Gatotkaca dalam cerita pewayangan,” ujar Yoga.

Tidak hanya landasan jembatan, desain rangka jembatan tim Mahabirawa dibentuk sama persis dengan bintang yang menempel pada dada Gatotkaca. Menurut Yoga, hal ini dikarenakan struktur jembatan yang paling stabil adalah dengan menggunakan model segitiga.


“Rangka kami buat dengan model setengah bentuk bintang yang merupakan rangkaian bentuk segitiga untuk menopang beratnya beban yang akan diterima oleh jembatan. Menurut kami dengan model rangka ini menjadikan jembatan lebih kuat dalam menopang beban,” jelas Yoga.
Yoga beserta tim juga memasukan replika Monas dan jam Gadang dalam desain miniatur jembatan yang disajikan. Maksudnya adalah untuk menunjukkan bahwa jembatan tersebut berada di Indonesia.
“Monas dan Jam Gadang ini kan salah satu ciri khas Indonesia. Sehingga ketika dewan juri melihat booth kami mereka langsung paham bahwa itu adalah karya anak Indonesia,” pungkas Yoga.