Berita Universitas Jember

Tingkatkan Mutu Lulusan, Universitas Jember Persiapkan Lembaga Sertifikasi

Jember, 27 November 2017

Semakin tingginya persaingan di dunia kerja, khususnya di tataran global menuntut perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas lulusannya. Salah satunya dengan membekali lulusannya dengan sertifikasi kompetensi sesuai level kualifikasi tertentu yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kompetensi tersebut mencakup ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang bakal menjadi modal penting dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi dunia saat ini dan masa mendatang.

Merespon tuntutan ini, Universitas Jember mempersiapkan berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1) pada tahun 2018 dibawah Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M). Rintisan berdirinya LSP-P1 dimulai dengan kegiatan lokakarya Lisensi dan Akreditasi LSP-P1 yang diadakan dari 24 hingga 26 November 2017 di Agrotechnopark, Jubung. Menurut Prof. Dr. Tejasari, ketua panitia kegiatan, lokakarya yang diikutioleh 84 peserta ini bertujuan untuk memberikan jaminan kualitas bagi lulusan kampus Tegalboto.

“Tujuan didirikannya LSP-P1 ini untuk menjamin mutu lulusan kita, termasuk kualitas kompetensinya di jabatan tertentu di dunia kerja nanti, yang sesuai dengan profesi masing-masing. Nantinya LSP-P1 akan melakukan sertifikasi agar kompetensi lulusan Universitas Jember sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang dirumuskan oleh Kemenakertrans, Kemenristekdikti, himpunan profesi dan perguruan tinggi,” jelas Tejasari.

Tejasari lantas mencontohkan profesi-profesi yang membutuhkan sertifikasi antara lain kepemanduan ekowisata, jasa pramuwisata, pemimpin perjalanan wisata, manajer lapangan pelaksanaan pekerjaan gedung, pengawas juru gambar, teknisi akuntansi madya dan lainnya. “Lokakarya kali ini juga berfokus untuk meyusun skema sertifikasi dari masing-masing program studi di Universitas Jember, yang nantinya akan divalidasi dan diajukan oleh tim Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk mendapatkan lisensi,” imbuh guru besar dari Fakultas Teknologi Pertanian ini.

Rintisan pendirian LSP-P1 Universitas Jember sendiri sudah mulai dilakukan sejak tahun 2015 lalu. Tejasari berharap tahun depan LSP-P1 sudah siap untuk diluncurkan dan dapat membantu para lulusan Universitas Jember dalam persaingan di dunia kerja nantinya. Untuk diketahui biaya lisensi sertifikasi yang dikenakan kepada para lulusan adalah gratis. Hadir sebagai pemateri dalam lokakarya antara lain Drs. Kukuh S. Ahmad, MSc (Deputi Penetapan Standar dan Akreditasi, Badan Standarisasi Nasional), Edi Mulyono, SE, MM (Kasub Direktorat Pendidikan Vokasi dan Profesi Dirjen Belmawa), Prof. Dr. Pribadiyono, Ir., MS (Founder and Owner of PT Quantum HRM Internasional), Dr. Asep Parantika SE, MM, Sumarna F. Abdurrahman (Tim Validasi BNSP), dan Suci Sandi Wachyuni, S.TP, M.M dari LSP-P1 Sahid Institute of Tourism. (lid)