• UNEJ Kampus 2 Bondowoso
  • UNEJ Kampus 3 Lumajang

Berita Universitas Jember

~ update setiap hari ~

Universitas Jember Bantu Petani Kakao Blitar

Jember, 16 November 2017

Setelah membantu pengembangan kopi di Jember dan daerah sekitarnya, kini para peneliti Universitas Jember membantu petani kakao yang ada di Blitar. Bantuan dalam bentuk program Pengabdian Masyarakat bertema Produksi Lemak Cokelat sebagai Bahan Dasar Makanan Berbasis Kakao Lokal, dilaksanakan di Desa Slemanan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar (11/11). Menurut Prof. Yuli Hariyati, koordinator kegiatan, program pengabdian masyarakat yang dilakukan mengacu kepada rencana strategi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jember yang memfokuskan pada beberapa produk perkebunan seperti kopi, kakao dan lainnya.

Menurut Prof. Yuli Hariyati, khalayak sasaran yang dipilih adalah petani kakao di Desa Slemanan, khususnya para perempuan yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Tani Makmur. “Secara garis besar ada tiga bidang yang kami bantu, yakni pengembangan agribisnis kakao rakyat melalui pengolahan biji kakao menjadi produk bernilai-tambah, upaya penguatan kelembagaan agribisnis kakao rakyat, serta upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani kakao rakyat melalui penguasaan beberapa teknologi pengolahan lanjut pada biji kakao,” katanya.  Sementara tujuan spesifik yang ingin dicapai adalah secara gradual meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani kakao rakyat dalam hal kreasi nilai tambah biji kakao serta persiapan upaya peningkatan kapasitas kelembagaan organisasi petani pada umumnya.

“Ada enam dosen yang terlibat baik dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian, serta para mahasiswa kampus Tegalboto. Kami juga bekerjasama dengan kawan-kawan dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Jember, dan Pusat Penelitian Ilmu Sosial Universitas Brawijaya. Kami juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Blitar, antara lain dengan pengawasan dari Unit Anti Poverty Program (APP) Kabupaten Blitar,” imbuh Prof. Yuli Hariyati.

Adapun dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan kali ini adalah Yuli Hariyati, Bambang Marhaenanto, Rena Yunita Rahman, Diana Fauziyah, Sugeng Raharto, dan Sri Subekti. Kegiatan juga menggandeng para mitra yaitu Priyo Sugeng Winarto, Pusat Penelitian Ilmu Sosial Universitas Brawijaya dan Edi Suharyanto dkk dari Pusat Penelitian Kopi Kakao (PUSLITKOKA) Jember. Adapun mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Jember antara lain adalah Titis Luttiyana, Maulida Farah Sandy, Luthviana Evi Agustina, Nandari Andhini, dan Muhammad Syauqi Hasby. (yuli h)