Berita Universitas Jember

Universitas Jember dan 23 PTS di Besuki Raya Gelar SBMPTBR 2022

Jember, 8 Juni 2022
Universitas Jember bersama 23 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Besuki Raya sepakat menggelar jalur pendaftaran mahasiswa baru Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) 2022. Universitas Jember menetapkan SBMPTBR menjadi jalur ujian mandiri setelah sebelumnya telah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Walaupun menyandang nama Besuki Raya, semua siswa atau peserta dari seluruh Indonesia dapat mendaftarkan diri.

Kesepakatan ini terwujud dalam rapat koordinasi SBMPTBR 2022 di aula lantai III gedung Rektorat dr. R. Achmad Universitas Jember yang dihadiri Rektor Universitas Jember beserta para wakil rektor dan perwakilan seluruh PTS di wilayah Besuki Raya yang terbentang dari Probolinggo hingga Banyuwangi yang tergabung dalam SBMPTBR 2022 (8/6). PTS yang terlibat diantaranya Universitas Tujuh Belas Agustus Banyuwangi, Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi, Akademi Kebidanan Dharma Praja Bondowoso, STKIP PGRI Situbondo, ITB Widya Gama Lumajang, Panca Marga Probolinggo dan PTS lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember menegaskan keberadaan SBMPTBR yang sudah dimulai semenjak tahun 2015 adalah salah satu perwujudan dari kerjasama antara PTN dengan PTS di wilayah Besuki Raya yang bermula dari Forum Silaturahmi PTN-PTS Besuki Raya. Selain kerjasama dalam penerimaan mahasiswa baru, kerjasama yang telah dijalin adalah dengan mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kolaboratif di beberapa kota. Kerjasama juga diwujudkan dengan berbagai pelatihan serta kegiatan akademik seperti seminar dan riset bersama.

“Bagi kalangan PTS, SBMPTBR dapat menjadi sarana seleksi calon mahasiswa baru yang efektif dan efisien. Adanya parameter seleksi yang sama juga dapat menjadi tolak ukur sejauh mana kualitas calon mahasiswa yang akan kita terima. Bagi siswa atau peserta akan mendapatkan kemudahan memilih program studi di Universitas Jember dan atau di PTS hanya dalam satu kali seleksi. Sementara bagi Universitas Jember, jalur SBMPTBR adalah jalur ujian mandiri yang menyediakan kuota dua puluh persen mahasiswa baru angkatan tahun 2022,” kata Iwan Taruna yang dalam kesempatan ini didampingi semua wakil rektor, Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi serta para Kepala Biro di lingkungan Universitas Jember.

Sementara itu Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember menjelaskan, proses pendaftaran SBMPTBR akan dilakukan secara daring dari tanggal 20 Juni hingga 30 Juni 2022. Kemudian dilanjutkan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tanggal 4 Juli hingga 10 Juli 2022. Mengingat kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang makin membaik, maka panitia memutuskan seleksi menggunakan UTBK yang digelar di kampus Universitas Jember. Proses akan bermuara pada pengumuman di tanggal 13 Juli 2022 yang dilanjutkan dengan proses registrasi ulang di masing-masing kampus.

“Panitia bersepakat untuk mekanisme seleksi pada SBMPTBR tahun ini menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer. Untuk itu kami sudah menyiapkan perangkat komputer sebanyak 675 di setiap sesi UTBK-nya. Mekanisme seleksi dengan UTBK kami pilih sebab lebih cocok mengingat ada calon peserta yang mungkin kemarin tidak mengikuti SBMPTN sehingga diharapkan kesempatan siswa untuk melanjutkan ke bangku kuliah makin terbuka lebar,” ungkap Prof. Slamin. (iim)

Untuk publikasi konten dan media, silahkan menghubungi humas@unej.ac.id