Berita Universitas Jember

Universitas Jember Jalin Kerjasama Dengan KONI Jawa Timur

Jember, 22 April 2021
Universitas Jember bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur sepakat untuk melakukan pembinaan atlet olahraga Jawa Timur. Kesepakatan itu tertuang dalam perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Jember Iwan Taruna bersama Ketua Umum KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung di ruang kerja Rektor Universitas Jember, (22/4).
Mewakili Ketua Umum KONI Jawa Timur, Zainal Arifin Wakil Ketua bidang kerjasama dalam dan luar negeri KONI Jatim menyampaikan ketertarikannya untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Jember. Pasalnya, sarana dan prasarana yang dimiliki Universitas Jember cukup memadai untuk menjadi pusat pelatihan dan pembinaan para atlet klaster olahrga pada cabang tertentu.


“Khususnya pada kluster olahraga bola tenis. Karena seperti yang kami ketahui Universitas Jember beberapa kali menjadi tempat kejuaran olahraga bola tenis tingkat nasional. Kalau tidak salah 5 kali berturut-turut,” ujar Zainal.
Menurut Zainal, peran Universitas Jember dalam melakukan pembinaan para atlet olahraga akan menjadi langkah yang sangat strategis. Mengingat Kabupaten Jember akan menjadi tuan rumah di dalam pelaksanaan Porprov Jawa Timur pada bulan juni 2022 mendatang.
“Kami harap kiprah UNEJ dalam pembinaan atlet-atlet Jawa Timur ini makin berperan. Sehingga atlet yang berasal dari Jawa Timur wilayah timur khususnya tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya untuk mendapatkan pembinaan,” imbuh Zainal.
Sementara itu Rektor Universitas Jember Iwan Taruna menyambut baik keinginan KONI Jawa Timur. Menurut Iwan, sebagai bentuk Tri Dharma, Universitas Jember juga harus berperan di dalam menyiapkan kesiapan fisik dan mental para atlet di Jawa Timur.


“Kami tidak ingin menjadi menara gading. Kami ingin berperan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat termasuk dalam melakukan penyiapan dan pembinaan pada para atlet olahraga,” ujar Iwan.
Menurut Iwan, Universitas Jember sangat representatif untuk menjadi pusat pengembangan dan pelatihan para atlet di wilayah Jawa Timur. Selain memiliki sarana dan prasarana yang memadai Universitas Jember juga memiliki atlet-atlet yang berprestasi.
“Kami ada dua Rusunawa (Rumah Susun Mahasiswa) yang mungkin bisa difungsikan sementara untuk asrama para atlet. Kami juga memiliki atlet tingkat nasional untuk cabang olahraga Tenis, bridge, dan catur,” jelas Iwan.
Iwan mengatakan ke depan Universitas Jember juga akan berperan dalam menunjang keberlanjutan pendidikan para atlet. Iwan menginginkan para atlet juga dapat melanjutkan proses pendidikannya hingga jenjang pendidikan tinggi.


“Mungkin nanti bisa masuk di Unieveritas Jember melalui jalur prestasi. Karena para atlet itu juga harus memiliki tingkat pendidikan yang bagus agar karirnya tidak terputus. Karena masa kejayaan atlet itu kan cukup singkat,” pungkas Iwan. [moon]