Berita Universitas Jember

Universitas Jember Kampus Lumajang Bekali Lulusannya Dengan Etika Profesi Keperawatan

Lumajang, 8 November 2019

Perawat yang sukses adalah perawat yang tidak hanya memiliki modal keilmuan dan skill keperawatan saja, tetapi juga harus mengetahui dan melaksanakan etika profesi keperawatan. Guna membekali lulusannya dengan pengetahuan akan etika profesi keperawatan, Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menggelar menggelar seminar dan workshop dalam pembinaan etika profesi dengan tema ‘’Be a succesfull nurse in industry Era 4.0” yang digelar di kampus setempat (7/11).

Menurut Nurul Hayati, Ketua Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, kegiatan seminar dan workshop etika profesi selalu diselenggarakan secara rutin untuk membekali para mahasiswa yang akan lulus. “Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai etika profesi keperawatan dalam diri mahasiswa yang akan segera terjun bekerja. Kami yakin kombinasi keilmuan, skill dan etika profesi keperawatan yang baik serta kemampuan berkomunikasi yang efektif akan dapat memberikan pelayanan keperawatan yang paripurna bagi pasien,” jelas Nurul Hayati.

Dirinya lantas menambahkan, selama ini lulusan Universitas Jember Kampus Lumajang sudah dikenal memiliki kemampuan yang baik sehingga tidak heran jika rumah sakit, puskesmas dan klinik kesehatan di Lumajang dan wilayah Besuki Raya sekitarnya banyak yang mengutamakan lulusan Universitas Jember Kampus Lumajang. Tidak heran jika seminar dan workshop kali ini juga dihadiri oleh perwakilan instansi kesehatan setempat, diantaranya dari Rumah Sakit Islam Lumajang. Sementara itu peserta yang merupakan mahasiswa yang akan lulus sejumlah 104 orang.

Adapun materi yang disampaikan mulai dari Etika Profesi Keperawatan, Kepemimpinan Dalam Keperawatan, Tatacara Interview, hingga materi mengenai penampilan sebagai seorang perawat. Turut memberikan materi adalah Anisah Ardianah, Wakil Dekan 1 Fakultas Keperawatan. Dalam pemaparannya, Anisah Ardiana  mengajak para calon perawat dari Universitas Jember Kampus Lumajang untuk terus semangat menuntut ilmu. “Saya berharap Anda semua tidak larut dalam zona nyaman, harus terus menutut ilmu keperawatan baik secara formal maupun non formal sebab perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi keperawatan terus berkembang,” kata Wakil Dekan 1 Fakultas Keperawatan Universitas Jember. (Tim UNEJ Lumajang).