Berita Universitas Jember

Universitas Jember Kampus Lumajang dan Pasuruan Bakal Tambah Program Studi Baru

Lumajang, 29 November 2019,

Universitas Jember Kampus Lumajang dan Kampus Pasuruan akan membuka empat program studi baru. Rencananya, keempat program studi baru di rumpun kesehatan ini adalah Program Studi Diploma 4 Rekam Medik dan Program Studi Akunpuntur Herbal di Universitas Jember Kampus Lumajang. Sementara Program Studi Diploma 4 Transfusi Darah dan Program Studi Diploma 4 Fisioterapi akan ada di Universitas Jember Kampus Pasuruan. Rintisan keempat program studi baru tadi diawali dengan kegiatan seminar dan workshop bertema “Pengembangan Desain Program Studi Unggulan Fakultas Keperawatan Universitas Jember di Era Tantangan Revolusi Industri 4.0” yang digelar di aula lantai 2 Universitas Jember Kampus Lumajang (28-29/11).

Menurut Lantin Sulistyorini, Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, rencana pembukaan empat program studi baru ini bertujuan mencetak tenaga kesehatan profesional yang tidak hanya mampu bersaing di lapangan kerja dengan menumbuhkan profesionalitas, namun juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sesuai latar belakang pendidikannya. “Kami berharap Universitas Jember Kampus Lumajang dan Pasuruan bakal menjadi pusat unggulan vokasi kesehatan yang memiliki ciri khas sesuai visi dan misi Universitas Jember,” ujar Lantin Sulistyorini.

Untuk mempersiapkan pembukaan empat program studi baru tadi, Fakultas Keperawatan mengundang seluruh stakholder kesehatan yang ada guna menyerap aspirasi, saran dan masukan. Diantara stakeholder yang hadir antara lain rumah sakit, Puskesmas, organisasi profesi, dan lainnya di Lumajang serta Pasuruan. Panitia juga menghadirkan pembicara  seperti Sholeh Avivi dari Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember, Tri Ana Jaswarni, Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI), dan Guritno Sri Wahyudi, Ketua Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (Pormiki) Jember.

Peserta kegiatan sejumlah 100 orang juga mendapatkan pengalaman (lesson learned) pendirian program studi baru vokasi kesehatan dari Narasumber lainnya adalah Dr. Ni Luh Putu Eka S., S.Kp. M.Kes., dari Poltekkes Malang, Dr. Bambang Trisnowiyato SPd, SKM, Mor, AIIFO dari Universitas Gadjah Mada, serta Heni Nur Kusumawati, SKM., M.Kes, dari Poltekkes Surakarta. “Ada beberapa topik yang dibahas antara lain borang pembukaan program studi baru di PT, peran asosiasi vokasi dalam, peraturan terkait pendirian program studi baru, dan Leasson Learn pembukaan program studi baru,” tutur Nurul Hayati Ketua Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang.

Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, menyempatkan diri memberikan arahan di hari pertama kegiatan, yang diisi dengan seminar. Sementara hari kedua para peserta melakukan diskusi dan Focus Group Discussion (FGD) untuk membuat profil program studi  hingga capaian pembelajaran. Draft profil program studi akan didiskusikan lebih lanjut dengan LP3M serta pembentukan task force pembukaan program studi baru. “Semoga proses penyusunan berkas pembukaan program studi baru dapat berjalan lancar sehingga tahun depan sudah bisa menerima mahasiswa baru,” pungkas Lantin Sulistyorini. (Tim UNEJ Lumajang)