Berita Universitas Jember

Universitas Jember Kuatkan Komitmen Bantu UMKM

Jember, 18 Mei 2022
Kehadiran export import corner di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember semakin menguatkan komitmen Universitas Jember dalam membina pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Jember dan sekitarnya. Fasilitas hasil kerjasama dengan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan melalui Kantor Bea Cukai Jember ini akan menjadi pusat edukasi export import bagi para mahasiswa dan pelaku UMKM di Jember dan sekitarnya.
“Sebetulnya UMKM Jember memiliki potensi yang sangat luar biasa. Berbagai produk yang dihasilkan oleh masyarakat mampu bersaing baik di pasar lokal maupun nasional. Hanya saja mungkin tidak banyak dari mereka yang mengerti seluk beluk export,” ujar Rektor Universitas Jember saat memberikan sambutan dalam acara grand opening export import corner di aula kampus FEB Universitas Jember, (18/5).


Dalam kesempatan itu Iwan menyampaikan, selama ini masyarakat berasumsi bahwa export import itu merupakan suatu hal yang sulit dan rumit. Namun dengan adanya export import corner ini menurutnya, pelaku UMKM bisa belajar bagaimana agar produk yang mereka hasilkan dapat bersaing di pasar internasional.
“Adanya layanan ini ditambah lagi dengan peran mahasiswa yang tergabung dalam sahabat Bea Cukai, informasi kemudahan exspor akan semakin masif. Maka, ke depan akan semakin banyak produk dari Jember dan sekitarnya yang dikirim ke pasar luar negeri,” imbuh Iwan.
Iwan berharap layanan exsport import corner tidak hanya fokus pada pengembangan produk untuk exsport saja. Namun harapannya pelaku UMKM juga diajarkan mengenai bagaimana proses import bahan baku.


“Karena tidak harus selalu exsport. Bisa saja kita import dengan harga 200 rupiah kita proses di Jember kemudian dikemas dan dijual ke luar dengan harga 1000 rupiah. Tentu ini juga menghasilkan,” jelas Iwan.
Sementara itu, kepala kantor Bea Cukai Jember, Asep Munandar pada kesempatan yang sama mengatakan, keberadaan export import corner di kampus FEB Universitas Jember adalah salah satu perwujudan kantor Bea Cukai Jember dalam rangka menyukseskan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).
“Selain mendirikan Exim Corner ini, Kantor Bea Cukai Jember juga mendidik 60 mahasiswa yang magang selama satu semester. Bahkan salah satu pegawainya juga rutin memberikan kuliah mengenai kegiatan ekspor impor sebagai dosen di FEB Universitas Jember,” ujarnya.
Asep Munandar menambahkan, selain mendirikan export import corner, dalam kerja sama ini Bea Cukai Jember juga menerima mahasiswa yang magang dan menerjunkan praktisi bea cukai mengajar.


“Kami juga memiliki program Sahabat Bea Cukai, mereka merupakan para mahasiswa FEB Unej yang menjadi corong dalam hal sosialisasi tugas dan fungsi bea cukai kepada masyarakat luas,” jelas Asep Munandar.

Untuk publikasi konten dan media, silahkan menghubungi humas@unej.ac.id