Berita Universitas Jember

Universitas Jember Luncurkan Inovasi CovidCare

Jember, 12 April 2021
Universitas Jember launching pusat layanan informasi Covid-19 “CovidCare.” CovidCare merupakan layanan berbasis website yang menyediakan informasi terkait Covid-19. CovidCare ini ditujukan untuk membantu seluruh civitas akademika di Universitas Jember dan masyarakat Jember dalam hal edukasi pencegahan dan penularan Covid-19.
“Beberapa informasi tersebut seperti informasi skala penyebaran Covid-19, vaksinasi, hotline Covid-19 dan berita terkini yang berkaitan dengan Covid-19. Sistem CovidCare juga menyediakan layanan bagi pengguna untuk melakukan konsultasi gejala bagi pengguna dengan dokter,” ujar Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, usai melaunching CovidCare di Aula Lantai III Kantor Pusat Universitas Jember.


Menurut Iwan, CovidCare bisa menjadi rujukan bagi masyarakat Jember khususnya untuk mendapatkan informasi terkait Covid-19 yang valid.
“Selama ini masih saja kita temukan informasi-informasi tidak benar terkait Covid-19. Seperti misalnya kehalalan vaksin atau vaksin yang katanya membatalkan puasa. Dengan adanya CovidCare ini masyarakat Jember khususnya bisa mengakses informasi yang valid melalui laman covidcare.id,” jelas Iwan.
Selain itu menurut Iwan, data dan informasi yang ada di CovidCare dapat dijadikan sebagai data untuk pengembangan penelitian para dosen.
“Selama ini data terkait Covid-19 memang sudah ada, namun belum tersistem sehingga ketika dibutuhkan tidak langsung bisa diakses. Dengan adanya CovidCare ini data dapat dengan mudah diakses dan dijadikan bahan penelitian ataupun kepentingan lainnya,” pungkas Iwan.


Sementara itu Samawi Tashar Ketua Tim Pengembang CovidCare mengatakan, fitur utama CovidCare meliputi informasi dalam bentuk artikel, video, maupun infografis mengenai Covid-19 di Jember terutama di lingkungan Universitas Jember.
“Banyak kegiatan yang terangkum dalam CovidCare mulai dari kegiatan pemeriksaan dini, tracing kepada warga Universitas Jember yang menjadi suspect covid-19, dan pendataan serta pemantauan kondisi pasien Covid-19, juga pendataan mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Universitas Jember,” kata Tashar.

Kata Tashar, ke depan CovidCare tidak hanya digunakan untuk untuk pusat informasi Covid-19. Namun menurutnya, CovidCare juga dapat digunakan sebagai pusat informasi atau pengendalian dan penyebaran penyakit inveksi lainnya.
“Ke depan akan kami kembangkan untuk yang berbasis android. Bahkan tidak hanya untuk Covid-19 tetapi juga bisa digunakan pada penyakit inveksi lain yang kerap kali di derita mahasiswa seperti halnyta hepatitis dan diare,” jelas Tashar