Berita Universitas Jember

Universitas Jember Tampil di Al Madinah Goes to Campus Virtual 2021

Jember, 18 Januari 2021
Universitas Jember tampil sebagai pemateri pertama dalam kegiatan Al Madinah Goes to Campus Virtual 2021 yang digelar oleh SMA Islam Terpadu Al Madinah, Bogor (18/1). Diwakili oleh Bagian Humas, berbagai informasi terkini mengenai seluk beluk proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021 dijelaskan, khususnya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya.
Syukron Makmun, staf Humas yang bertugas sebagai salah satu pemateri mengingatkan siswa SMA Islam Terpadu Al Madinah agar benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk mencari informasi mengenai PTN dan program studi yang diminati. Pasalnya dengan memiliki banyak informasi mengenai PTN dan program studi, maka proses memilih program studi akan semakin mudah. Dalam memilih program studi pun perlu berkonsultasi dengan orang tua dan guru agar benar-benar yakin.


“Ibarat kata, memilih program studi perlu melibatkan tiga pilar, siswa, guru dan orang tua. Siswa hendaknya memilih program studi yang sesuai dengan minat dan cita-cita. Sementara guru yang tahu rekam jejak akademis siswa memberikan pertimbangan mengenai nilai-nilai siswa. Nah orang tua juga wajib diajak berdiskusi sebab mereka yang akan membiayai kuliah. Satu hal lagi, memilih program studi perlu mempertimbangkan prospek masa depan agar seusai kuliah mampu berbicara di ranah kerja,” ujar Syukron Makmun.
Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini diikuti oleh delapan puluh siswa SMA Islam Terpadu Al Madinah kelas XII baik dari jurusan IPA maupun IPS. Salah satu peserta, Fazat, menanyakan apakah ada persyaratan khusus untuk memilih program studi tertentu. Menanggapi pertanyaan ini, Iim Fahmi Ilman dari Humas Universitas Jember menjelaskan memang ada beberapa program studi yang mensyaratkan pendaftar melengkapi berkas tertentu seperti portofolio yang berisi kemampuan pelamar. “Usahakan untuk mengetahui persyaratan yang ditentukan oleh program studi masing-masing melalui laman PTN sebelum memutuskan memilih program studi tertentu,” jelasnya.


Sementara itu menurut Hani Rohani, Kepala Sekolah SMA Islam Terpadu Al Madinah, kegiatan Al Madinah Goes to Campus Virtual 2021 dilakukan selama seminggu penuh dimana setiap harinya menghadirkan dua PTN sebagai pemateri. “Tujuan kegiatan ini memberikan motivasi kepada siswa agar melanjutkan ke perguruan tinggi, khususnya PTN. Selain tentunya memberikan tambahan wawasan pengetahuan kepada siswa akan pilihan program studi yang ada. Kami bersyukur Universitas Jember bersedia menjadi pembuka di acara kami,” tutur Hani Rohani. (iim)