Berita Universitas Jember

UPN Veteran Jakarta Tertarik Terapkan Sister Universitas Jember

Jember, 3 Desember 2019

Keberhasilan penerapan Sistem Informasi Terpadu (Sister) yang dikembangkan oleh Universitas Jember ternyata menarik perguruan tinggi lainnya untuk turut menerapkannya. Yang terbaru adalah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta yang berkunjung ke Kampus Tegalboto dalam rangka mempelajari penerapan Sister di Universitas Jember (3/12). Tim UPN Veteran Jakarta dipimpin langsung oleh Prasetyo Hadi, Wakil Rektor II yang didampingi oleh sepuluh orang anggota tim, diantaranya Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) hingga Kepala Bagian Perencanaan.

“Kehadiran kami ini dalam rangka belajar penerapan Sistem Informasi Terpadu yang sudah dilaksanakan di Universitas Jember. Kesuksesan penerapan Sistem Informasi Terpadu akan kami terapkan di UPN Veteran Jakarta dalam rangka mempersiapkan perubahan status UPN Veteran Jakarta menjadi Badan Layanan Umum. Kedua, animo siswa untuk berkuliah di kampus kami cukup tinggi sehingga jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun makin meningkat, tentu saja wajib dikelola dengan baik,” ungkap Prasetyo Hadi. Untuk diketahui, selain UPN Veteran Jakarta, sebelumnya UPN Veteran Surabaya dan UPN Veteran Yogyakarta juga telah melakukan studi banding ke Universitas Jember.

Tim studi banding UPN Veteran Jakarta disambut langsung oleh Wachju Subchan, Wakil Rektor II dan Prof. M. Sulthon Masyhud, Wakil Rektor III di aula lantai 2 gedung rektorat. “Universitas Jember telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Terpadu yang terdiri dari Sistem Manajemen Anggaran, Sistem Manajemen Keuangan hingga University Customer Care Center yang menampung keluhan internal dan eksternal. Bahkan Sistem Informasi Terpadu bagi mahasiswa kini sudah kami perbaharui,” jelas Wachju Subchan saat memberikan sambutan selamat datang.

Untuk diketahui, keberhasilan Universitas Jember menerapkan Sistem Informasi Terpadu berbasis kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam bentuk aplikasi tertentu mengundang perguruan tinggi lain untuk belajar. Diantaranya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Khairun, Universitas Gadjah Mada, UIN Wali Songo dan lainnya. “Yang paling baru, tanggal 5 Desember 2019 nanti kami menerima kunjungan dari Universitas Palangkaraya untuk studi banding,” kata Wachju Subchan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi, dalam kesempatan ini para Wakil Rektor didampingi Ketua LP3M Universitas Jember, Kepala Biro II serta perwakilan dari UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi.  (iim).